5 Tanda Dirimu Punya Hati Kuat meski Hidupmu Tak Seindah Orang Lain

Endah Wijayanti28 Nov 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 28 Nov 2022, 17:15 WIB
perempuan dan menyambut usia 30an

Fimela.com, Jakarta Tiap kali melihat kehidupan orang lain, hal yang mereka miliki atau tampilkan seringkali tampak lebih indah dari yang kita punya. Apalagi ketika kamu merasa hidupmu berjalan lebih berat dari orang lain, mungkin kamu merasa hidup ini tak adil. Walau mungkin memang perjalanan hidupmu lebih berliku daripada orang lain, bisa jadi kamu dianugerahi hati yang lebih kuat.

Saatnya untuk mengapresiasi diri sendiri. Di dalam dirimu ada hati dan jiwa yang luar biasa tangguh, dan ini bisa terlihat dari hal-hal baik yang terpancar dari keseharianmu.

1. Bisa Menekuni Hal yang Disukai

perempuan dan masih bahagia 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/nut_foto

Ada sesuatu yang kamu sukai dan kamu menekuninya dengan sepenuh hati. Ada kebaikan yang kamu yakini bisa kamu hasilkan dari hal-hal yang kamu kerjakan. Mengutip buku Yes to Life, dalam pandangan Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai pencetus Logoterapi, salah satu cara untuk memenuhi makna hidup adalah melalui tindakan atau aksi. Menekuni hal yang kamu sukai bisa membuat hidupmu makin bermakna, dan ini membuat hatimu bisa makin kuat dan tegar seiring berjalannya waktu.

2. Tidak Membenci Pencapaian Orang Lain

perempuan dan masih bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/nut_foto

Mungkin sempat ada rasa iri atau cemburu saat melihat orang lain sukses atau membuat pencapaian besar. Namun, ketika kamu memilih untuk ikut berbahagia dan tidak membenci semua itu, kamu punya hati yang luar biasa kuat. Sebab kamu menyadari bahwa tiap orang punya perjalanan dan perjuangan hidupnya sendiri yang berharga.

3. Senantiasa Menjaga Semangat Hidup Positif

perempuan dan bahagia tak terenggut
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/nut_foto

Ada semangat hidup yang senantiasa kamu jaga dan pegang dalam menjalani keseharian. Mungkin kamu memang tak sehebat atau sesempurna orang lain. Namun, ada hati yang kuat dan tangguh di dalam dirimu karena kamu punya semangat positif yang bisa membuatmu senantiasa melangkah ke depan. Meski gagal atau mengalami hal buruk, kamu senantiasa memilih untuk bangkit dan berusaha melakukan segala sesatunya dengan sebaik-baiknya.

 

 

4. Bisa Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

dewasa mandiri bahagia single
ilustrasi perempuan tersenyum/paulaphoto/Shutterstock

Ada hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan dan membuatmu bahagia. Ini bisa menjadi pertanda ada diri yang lebih kuat di dalam dirimu. Bisa mengupayakan kebahagiaan sendiri bisa membantu kita bertahan melewati masa sulit yang ada ada. Walau mungkin hidupmu tak seindah orang lain, tetapi kamu bisa menghadirkan keindahan dengan caramu sendiri dan ini sudah lebih dari cukup untuk membuatmu kuat.

 

5. Senantiasa Bisa Memetik Pelajaran dari Setiap Pengalaman

bahagia tersenyum kalem
ilustrasi perempuan cantik/220 Selfmade studio/Shutterstock

Ada kedewasaan yang kamu miliki tiap kali kamu berusaha untuk memetik pelajaran berharga dari setiap pengalaman dan kejadian yang ada. Kemampuanmu untuk fokus pada sisi baik membuatmu senantiasa bisa bertahan di masa sulit. Serta, kamu juga tak akan terlalu lama terpuruk dalam kesedihan, kerapuhan, atau kegetiran tiap kali mengalami sesuatu yang terjadi di luar dugaan.

Terima kasih sudah berjuang melakukan semua yang terbaik hingga saat ini. Yakin saja hidupmu punya keindahannya sendiri walau tak sama dengan hidup orang lain.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela