Tidak Hanya Bikin Bersemangat, Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik Favoritmu

Gayuh Tri Pinjungwati04 Des 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 04 Des 2022, 13:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela suka mendengarkan musik, tentu kamu bisa menikmati beberapa manfaatnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mendengarkan musik meningkatkan kesejahteraan mental dan meningkatkan kesehatan fisik kita. Belajar bermain atau mendengarkan musik dapat membantumu meningkatkan IQ dan bahkan membuat kita tetap fokus dan mudah mengingat diusia senja. Lalu, apa manfaat mendengarkan musik? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Musik Membuatmu Lebih Bahagia

Penelitian membuktikan bahwa ketika kamu mendengarkan musik yang kamu suka, otak secara otomatis melepaskan dopamin, sebuah neurotransmitter "merasa nyaman". Jika kamu membutuhkan dukungan emosional, cobalah untuk mendengarkan musik favoritmu selama 15 menit.

2. Musik Meningkatkan Performa Lari

Marcelo Bigliassi dan rekan-rekannya menemukan bahwa pelari yang mendengarkan musik motivasi cepat atau lambat menyelesaikan lari 800 meter pertama mereka lebih cepat daripada pelari yang mendengarkan musik yang tenang atau berlari tanpa musik. Jika kamu ingin berlari lebih cepat, dengarkan lagu-lagu yang menginspirasimu.

3. Musik Menurunkan Stres dan Meningkatkan Kesehatan

Single
Ilustrasi perempuan mendengarkan musik/copyrightshutterstock/Black Salmon

Mendengarkan musik yang kamu sukai menurunkan kadar hormon stres kortisol tubuh, yang menangkal efek stres kronis. Ini adalah temuan penting karena stres menyebabkan 60% dari semua penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika orang berpartisipasi aktif dalam membuat musik dengan memainkan berbagai instrumen perkusi dan bernyanyi, sistem kekebalan tubuh mereka akan meningkat lebih dari jika mereka hanya mendengarkan secara pasif.

4. Musik Membantumu Tidur Lebih Baik

Lebih dari 30% orang Amerika menderita insomnia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit sebelum tidur secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mendengarkan buku audio atau tidak melakukan apa pun yang berbeda dari rutinitas normal mereka. Jika kamu sulit tidur, coba dengarkan sedikit Bach atau Mozart sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Para peneliti telah menemukan bahwa musik dapat membantumu mempelajari dan mengingat informasi dengan lebih baik. Bagaimanapun, musik membantu memperkuat pembelajaran dan memori seseorang.

Sekian beberapa manfaat luar biasa mendengarkan musik favorit, jangan lewatkan beberapa waktu untuk mendengarkan musik favorit, ya Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela