5 Cara Lebih Ikhlas Memaafkan Seseorang yang Melukai Hatimu

Endah Wijayanti29 Nov 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 29 Nov 2022, 11:15 WIB
perempuan dan cinta pertama

Fimela.com, Jakarta Memaafkan seseorang yang pernah melukai hatimu kadang tak mudah. Di satu sisi tak ingin memperburuk situasi, tapi di sisi lain rasa sakit yang terasa masih begitu perih di dalam dada. Mau membalas perbuatannya dengan hal buruk pun bukan sesuatu yang bijak untuk dilakukan.

Salah satu pilihan terbijak adalah berusaha untuk membuat hati lebih ikhlas. Agar lebih ikhlas memaafkan seseorang yang pernah melukai hatimu, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Seperti lima cara berikut ini.

 

 

1. Akui Rasa Sakit yang Hadir

perempuan dan cinta pertama 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Dirimu terluka dan sedih, dan itu hal yang wajar terjadi. Terima rasa sakit yang hadir. Akui bahwa dirimu memang terluka dan sakit karena hal tersebut. Dengan begini, kamu bisa mengetahui "bentuk luka" tersebut sehingga kamu bisa lebih fokus menyembuhkannya sesuai dengan bentuk yang dimilikinya tersebut. Kalau menangis bisa bantu meringankan perasaanmu, izinkan diri untuk menangis tanpa harus terus menerus terpuruk dalam air mata kesedihan.

 

 

2. Hindari Sikap Dendam

perempuan dan cinta pertama 2
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Agar bisa lebih mudah memaafkan, hindari menyimpan dendam atau keinginan untuk menyakiti orang yang telah melukaimu. Melansir laman stanfordmag.org, Luskin, pendiri Stanford University Forgiveness Projects dan penulis Forgive for Good, mengungkapkan bahwa dalam istilah yang paling elemental, memaafkan adalah melepaskan perasaan buruk atau hasrat balas dendam setelah kita terluka. "Kita melepaskan kegetiran batin, kebencian, dan rasa mengasihani diri sendiri karena pengalaman yang terjadi di masa lalu," paparnya.

 

 

3. Terima Kejadian sebagai Bagian dari Masa Lalu

bahagia tersenyum kalem
ilustrasi perempuan cantik/220 Selfmade studio/Shutterstock

Kejadian saat dia melukaimu sudah berada di masa lalu. Maka, biarkan itu jadi bagian dari masa lalu. Mungkin kamu tak akan bisa langsung melupakan kejadian tersebut, tetapi setidaknya kamu bisa membuat batasan bahwa itu sudah berlalu. Sehingga, kamu bisa lebih fokus dengan masa kini dengan membuka pintu maaf yang lebih luas demi ketenangan dirimu sendiri juga.

 

 

4. Berbaik Hati pada Diri Sendiri

perempuan dan masih bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/nut_foto

Agar dirimu bisa lebih ikhlas, cobalah untuk berbaik hati kepada diri sendiri. Hadirkan cinta dan kasih sayang untuk diri sendiri. Mungkin sulit bagimu untuk memaafkan seseorang karena luka yang kamu rasakan begitu dalam, tapi jangan sampai kamu malah menyakiti diri sendiri atau menyalahkan dirimu sendiri. Kamu sendiri sedang berproses untuk menyembuhkan luka yang ada, jadi jangan sampai kamu meninggalkan hatimu sendiri.

 

 

5. Selalu Ulangi Upaya Memaafkan

tertawa baju kuning cantik
ilustrasi perempuan bahagia/atiger/Shutterstock

Sudah coba memaafkan tapi masih belum membaik juga luka di hati? Tak perlu merasa tertekan menghadapinya. Cobalah untuk mengulangi upaya memaafkan lagi dan lagi. Kalau bekas luka kembali perih, coba obati lagi dan lagi. Seiring dengan usaha terbaik yang kamu lakukan, yakin saja ada hati yang akan makin kuat dan pulih.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar bisa lebih mudah memaafkan seseorang. Semoga bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓