Apa itu Berpikir Komputasional? Cari Tahu Manfaatnya

Kezia Prasetya Christvidya29 Nov 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Nov 2022, 10:40 WIB
Manajemen Waktu dan Strategi Belajar

Fimela.com, Jakarta Semakin berkembangnya zaman, kita harus bisa berpikir dengan cepat. Sehingga muncul adanya istilah berpikir komputasional atau computational thinking. Cara berpikir ini sudah mulai dikenalkan oleh Seymor Papert pada tahun 1980 dan 1996.

Berpikir komputasional juga digunakan dalam pemograman sebuah teknologi. Ada banyak orang yang beranggapan bahwa berpikir komputasional digunakan untuk komputer. Padahal cara berpikir ini juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara berpikir komputasional memiliki karakteristik tersendiri. Bahkan berpikir komputasional ini memiliki manfaat bagi setiap orang. Berikut pengertian berpikir komputasional dan manfaatnya:

Karakteristik Berpikir Komputasional

Kumpulkan Sumber dan Bahan Bacaan
Ilustrasi Karakteristik Berpikir Komputasional/Credit: pexels.com/pixabay

1. Memiliki Kemampuan Dasar

Seseorang yang berpikir komputasional, memiliki kemampuan dasar untuk memahami sesuatu. Tidak hanya berdasarkan pada menghafalkan. Kemampuan dasar bisa membuat seseorang dapat memecahkan sebuah permasalahan, dan memberikan solusi serta pengembangannya.

2. Mengutamakan Ide

Berpikir komputasional memiliki karakteristik dengan mengutamakan ide atau gagasan terlebih dahulu. Pemahaman terhadap ide atau gagasan ini, bisa digunakan untuk mengatur dan melakukan interaksi sosial. Ide dan gagasan juga bisa untuk pemograman dalam komputer.

3. Saling Melengkapi Pikiran

Karakteristik yang selanjutnya adalah bisa melengkapi pikiran. Berpikir komputasional akan melengkapi dan mengkombinasikan pikiran matematis dengan pemikiran teknis. Sehingga pikiran ini akan mempermudahkan dalam mengerjakan pekerjaan.

Manfaat Berpikir Komputasional

Gaya
Ilustrasi Manfaat Berpikir Komputasional/Credit: unsplash.com/Windows

1. Lebih Efisien

Berpikir Komputasional memiliki manfaat yang lebih efisien dalam menghadapi sebuah masalah. Orang yang berpikir komputasional, akan memiliki sudut pandang yang lebih sederhana dan praktis. Sehingga masalah akan segera teratasi dengan efisien.

2. Melatih Otak

Otak harus terus menerus dilatih kecerdasannya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih otak, seperti berpikir komputasional. Berpikir komputasional ini membuat otak lebih kreatif, terstruktur dan logis.

3. Memiliki Banyak Solusi

Seseorang yang berpikir komputasional memiliki banyak solusi. Karena cara berpikir ini lebih dinamis dan cepat, tapi terstruktur. Untuk itu, cara berpikir komputasional harus dilatih agar lebih efektif dan efisien.

Lanjutkan Membaca ↓