5 Tanda Dirimu Bisa Bertahan Melalui Masa Sulit Hidupmu

Endah Wijayanti30 Nov 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 30 Nov 2022, 12:30 WIB
surat ayah dan dear

Fimela.com, Jakarta Menghadapi masalah dan masa sulit hidup memang tak selalu mudah. Ada banyak hal yang perlu disesuaikan dan diusahakan. Bahkan kadang rasanya ingin menyerah dan putus asa saja dalam menjalani hidup.

Sebelum memilih untuk menyerah, coba ambil waktu sejenak untuk menemukan lagi kekuatan dan ketangguhan diri. Di dalam dirimu bisa jadi sebenarnya ada hati dan jiwa yang tangguh. Kamu bisa bertahan melewati masa sulit yang ada, buktinya bisa dilihat dari tanda-tanda berikut ini.

 

 

1. Meyakini Ada Hikmah di Balik Setiap Kejadian

surat ayah dan kebersamaan singkat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Selama kamu meyakini ada hikmah dan pelajaran penting dari setiap kejadian dan pengalaman hidup, maka kamu pasti bisa bertahan melalui masa-masa sulit yang ada. Pola pikirmu yang cenderung pada memperkuat sisi baik segala sesuatu senantiasa menghadirkan kekuatan untuk membantumu bisa bertahan di masa-masa sulit. Kamu pun selalu bisa bangkit tiap kali mengalami kegagalan atau keterpurukan.

 

 

2. Bisa Menyesuaikan Diri Hadapi Perubahan

surat ayah dan mirip berdebat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Sikapmu yang fleksibel dalam menghadapi hidup bisa membantumu melewati masa sulit. Ketika ada kenyataan yang tak sesuai harapan, kamu tak langsung merasa terpuruk atau gagal selamanya. Sebab kamu bisa selalu mengusahakan untuk membuat rencana baru atau penyesuaian baru yang membantumu untuk tetap melangkah ke depan dalam menjalani hidup.

 

 

3. Mampu Membuka Diri Menerima Pengalaman Baru

surat ayah dan rindu bapak dulu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tinapob+Proongsak

Masa sulit yang kamu hadapi kamu terima dengan lapang dada. Sebab kamu menyadari ada pengalaman baru yang bisa membantumu jadi pribadi yang lebih baik dan dewasa dari hal tersebut. Kemampuanmu yang senantiasa membuka diri menerima pengalaman baru membantumu melewati masa sulit yang ada. Karena kamu senantiasa punya semangat untuk belajar hal baru setiap waktunya.

 

 

4. Punya Komitmen Melakukan Segala Sesuatunya Sebaik Mungkin

surat ayah dan kehebatannya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Kamu tak mengejar kesempurnaan. Kamu lebih memilih untuk mengusahakan segala sesuatunya sebaik mungkin sesuai kemampuan yang kamu miliki. Komitmen ini pun membantumu untuk bisa melewati masa sulit yang ada. Sebab kamu tak gampang menyerah atau putus asa ketika ada sesuatu yang tak berjalan sesuai rencana.

 

 

5. Senantiasa Menghargai Anugerah Kehidupan yang Dimiliki

surat ayah dan tanpa hadirmu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

Kehidupanmu mungkin tak semudah kehidupan orang lain. Ada banyak pengalaman dan perjalanan penuh liku yang kamu alami. Namun, selama kamu senantiasa menghargai dan menyayangi kehidupanmu, kamu akan selalu bisa menemukan kekuatan baru untuk bertahan di masa-masa sulit yang ada. Berdamai dengan kehidupan membantumu untuk bisa berdamai dengan setiap persoalan yang ada.

Semoga apa pun masalah hidup yang kamu hadapi saat ini, ada hal baik yang bisa kamu dapatkan dari pengalamannya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik hingga saat ini.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓