9 Cara Menjahit Tote Bag untuk Kuliah yang Aesthetic

Vania Al kautsar30 Nov 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 30 Nov 2022, 14:03 WIB
Tote Bag - Vania

Fimela.com, Jakarta Tote bag atau dikenal sebagai tas jinjing merupakan salah satu tas yang paling banyak digunakan oleh anak muda zaman sekarang, tas satu ini kerap sekali dikreasikan berbagai macam rupa. Biasanya jika kita sering membeli tote bag untuk kuliah atau keperluan lainnya hanya dapat menemukan satu ukuran saja.

Pernahkah kamu membuat tote bag sendirian? Dengan membuat tote bag sendiri terkadang kita dapat memperbesar mau memperkecil ukuran. Tote bag custom yang dibuat sendiri tentu dapat menambahkan fashion pribadi yang sangat cocok untuk berbagai kalangan.

Jika kamu ingin membuat tote bag sendiri di rumah, berikut ada beberapa yang mudah dan dapat kamu tiru. Nah, berikut beberapa cara dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat tote bag yang mudah di rumah:

Bahan dan Cara Pembuatan

Tote Bag - Vania
Ilustrasi Tote Bag/https://unsplash.com/Annisa Ica

Bahan yang Dibutuhkan:

  • ½ potong kain katun.
  • ½ potong kain katun komplementer untuk lapisan dalam.
  • ½ potong interfacing fusible yang berat.
  • Tali kanvas.
  • Gunting kain atau pemotong.
  • Mesin jahit.
  • Benang.

Cara Membuat Tote Bag:

1. Potong Kain

Untuk bagian pertama dalam membuat DIY tote bag adalah memotong dua persegi panjang dengan ukuran 18x14 cm dari pilihan kain luar dan dalam. Kemudian potong persegi panjang ukutan 18x14 cm untuk bagian interfancing, lalu potong tali kanvas menjadi dua sepanjang 21 cm.

2. Potong Sudut

Disisi panjang semua persegi panjang, potong persegi 2x2 cm hanya dari sudut bawah, kemudian ulangi untuk bagian interfacing yang akan menjadi dasar tote bag.

3. Tambahkan Antarmuka dan Jahit Bagian Sisi

Kemudian tekan interfacing ke sisi yang salah dari persegi panjang kain luar, kemudian ikuti bagian tepi untuk memanaskan dan menempelkan antarmuka. Sematkan pada bagian sisi kanan kain agar menjadi satu dan jahit jahitan luru ½ cm di bagian panjang sisi dan bawah potongan.

4. Buat Sudut

Tote Bag - Vania
Ilustrasi Tote Bag/https://www.shutterstock.com/TShaKopy 

Bagian yang paling penting adalah dengan membuat sudut yaitu dengan menjepit bersama celah sudut yang terpotong, sejajarkan jahitan samping dan bawah di tengah. Sematkan lurus dan jahit jahitan ½ cm, langkah satu ini agar membuat dasar yang rata.

5. Jahit Sisi dan Sudut Liner

Kemudian sematkan sisi kanan persegi panjang kain bagian dalam (pelapis) dan ulangi terus langkah diatas.

6. Gabungkan dan Peniti

Balikkan sisi kanan ke luar dan letakkan di dalam kain luar sehingga sisi kanan dapat menyatu, kemudian selipkan tali kanvas diantara kain bagian dalam maupun luar sehingga dua ujung satu menghadap ke depan dan dua ujung lainnya menghadap ke belakang tas. Sematkan ujung di setiap tali kavas yang kira-kira empat inci dari jahitan samping kemudian sematkan tepi kain bersama di sekeliling bukaan tas.

7. Jahit Pembukaan Tas

Tote Bag - Vania
Ilustrasi Tote Bag/https://www.shutterstock.com/Netrun78 

Mulai dari jahitan samping, jahit ½ cm hampir di sekeliling tote bag dan jahitan ini harus dapat menangkap ujung tali kanvas sambil menyisakkan ruang yang cukup untuk berputar.

8. Putar dan Tekan

Tarik kedua kain dan tali pada kedua celah dengan ukuran 4 cm, balikkan tote bag keluar. Tekan perlahan dengan setrika hangat untuk menghilangkan kerutan.

9. Top Stitch dan Selesai Tote Bag

Jahitan atas di sekitar seluruh bukaan tote bag untuk menyelesaikan bagian tepian, selain itu hal ini dapat membantu untuk memperkuat tali kanvas dan menutup celah yang tersisa pada langkah sebelumnya untuk berputar.

Itulah cara membuat tote bag di rumah yang dapat kamu coba.

Lanjutkan Membaca ↓