Kamu Dominan Otak Kanan? Ini Penjelasan dan Karakteristiknya

Fimela Reporter02 Des 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 02 Des 2022, 12:30 WIB
Otak Kanan

Fimela.com, Jakarta Otak merupakan organ yang sangat kompleks yang memiliki peran penting, tidak hanya untuk berpikir namun untuk fungsi semua bagian tubuh. Otak dibagi menjadi dua bagian yakni otak kanan dan otak kiri. Setiap bagiannya bertanggung jawab untuk fungsi tertentu, namun otak bekerja secara keseluruhan. Meskipun otak kanan dan otak kiri memiliki bentuk yang sama, namun terdapat perbedaan yang signifikan dalam bagaimana keduanya memproses informasi.

Otak kiri bertanggung jawab dalam mengontrol sisi kanan tubuh serta berurusan dengan pemikiran logis dan fungsi linguistik. Sedangkan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh dan menangani hal-hal seperti imajinasi, orientasi ruang, serta intuisi. Terdapat penjelasan dan beberapa karakteristik orang yang otak kanannya lebih dominan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan penjelasannya.

 

Otak Kanan Lebih Fokus pada Visual dan Intuitif

Otak Kanan
Karakteristik otak kanan. (unsplash.com/Milad Fakurian)

Melansir dari healthline.com, orang yang memiliki dominan otak kanan umumnya lebih baik dalam visualisasi dan intuisi. Otak kanan sering disebut sebagai otak analog oleh banyak orang. Bagian otak ini memiliki cara berpikir yang lebih kreatif dan cenderung kurang terorganisir. Mereka yang sering kali dideskripsikan sebagai orang dengan dominan otak kanan biasanya memiliki bakat menonjol dalam hal yang berkaitan dengan kreativitas.

Orang dengan dominan otak kanan dikenal sebagai orang yang kreatif, intuitif, artistik, non-verbal, emosional, menyukai musik, dan imajinatif. Melansir dari verywellmind.com, berikut merupakan kemampuan yang sering dikaitkan oleh orang dengan dominan otak kanan berdasarkan teori otak kanan dan otak kiri:

- Mudah mengenali wajah.

- Mengekspresikan emosi.

- Menciptakan musik.

- Membaca atau mengetahui emosi orang lain.

- Mengapresiasi warna.

- Kemampuan baik menggunakan imajinasi.

- Intuitif dan kreativitas tinggi.

 

 

 

Karakteristik Orang dengan Dominan Otak Kanan

Dominan Otak Kanan
Ilustrasi orang yang otak kanannya lebih dominan. (unsplash.com/Amandine Cornillo)

Melansir dari habitaction.com, berikut merupakan karakteristik orang dengan dominan otak kanan:

1. Tidak Dapat Diprediksi 

Orang dengan dominan otak kanan merupakan orang yang tidak teratur, tidak dapat diprediksi, dan cenderung bisa bergaul dengan baik. Mereka tergolong orang yang lebih spontan, kreatif, dan emosional dibanding orang dengan dominan otak kiri. Mereka akan berpikir dan bertindak berdasarkan perasaannya. Mereka intuitif, pandai memecahkan masalah, dan lebih nyaman dengan hal yang tidak diketahui. Orang dengan dominan otak kanan cenderung tidak terlalu menyukai matematika.

2. Kreatif dan Intuitif

Orang dengan dominan otak kanan cenderung lebih kreatif, berpikiran bebas, dan intuitif. Mereka fokus untuk memastikan bahwa ruangan yang dibuat fungsional dan indah. Dengan begitu, orang dengan dominan otak kanan umumnya menyukai desain atau kegiatan lain yang membutuhkan kemampuan kreativitas lebih.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela