Sukses

Lifestyle

5 Teknik Pijat Wajah yang dapat Membantu Meredakan Stres dan Kecemasan

Fimela.com, Jakarta Saat stres atau merasa cemas, biasanya otot tubuh akan ikut menegang terutama otot wajah. Otot wajah akan terasa kaku dan mungkin nyeri karena wajah adalah tempat menunjukan emosi melalui ekspresi. Kerutan di dahi, alis yang naik, atau bibir terasa tegang umumnya menjadi tanda yang muncul bersamaan dengan stres. Ketegangan ini dapat diredakan melalui pijat wajah. Teknik pijat wajah untuk melemaskan otot juga dapat membantu meredakan stres karena tekanan dan ketegangan pada otot tubuh berkurang.

Melakukan teknik pijat wajah tak hanya dapat meredakan stres dan kecemasan, namun juga bermanfaat bagi orang yang mengalami sakit kepala dan sinus. Melansir dari Well and Good, berikut teknik pijat wajah yang dapat kamu coba untuk meredakan stres.

1. Pijat Alis

Saat stres dan cemas alis akan sering berkerut atau berkedut karena pikiran yang menumpuk atau ekspresi wajah yang menunjukan emosi. Pijat alis menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, cubit alis dari tengah hingga ke pelipis. Lakukan berulang selama 2-3 kali lalu selingi dengan pijatan lama di area yang terasa tegang. 

2. Memberi Tekanan di Antara Alis

Ketegangan pada wajah terkadang berpusat pada area pertemuan alis. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala juga. Untuk itu, lakukan pijatan pada area ini. Gunakan kedua jari telunjuk dan tekan arena pertemuan hidung dan kedua alis. Titik acupressure ini sangat baik untuk meredakan sakit kepala, tekanan sinus, dan stres. Putar jari sambil terus menekan ke arah jarum jam sebanyak 3 kali dan berlawanan arah jarum jam 3 kali. Lakukan berulang untuk merangsang rasa tenang.

3. Menepuk Wajah

Ketukan ritmis pada wajah dapat memberi efek tenang. Gunakan semua bantalan jari, kecuali ibu jari, dan mulailah mengetuk ringan dimulai dari tulang pipi lalu ke arah telinga dan memutar ke seluruh wajah. Teknik ini baik untuk menyeimbangkan sistem saraf pusat dan meningkatkan energi saat merasa lesu. Ulangi tiga sampai enam kali.

4. Skin Rolling

Untuk proses memijat yang nyaman, pastikan kamu menggunakan minyak khusus wajah. Mulailah dari rahang dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mencubit dan mengangkat kulit dengan lembut. Lakukan sambil menggulung pipi ke atas secara bersamaan ke arah mata atau pelipis untuk melepaskan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi. Teknik ini disebut skin rolling atau kulit berguling karena gerakan pijatan ini menciptakan efek berguling atau bergelombang di pipi.

5. Gesekan Tangan

Sesuatu yang hangat akan memberi efek nyaman dan tenang. Teknik pijat wajah yang satu ini dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Mulailah dengan menggosok kedua tangan selama sekitar 10 detik untuk menciptakan efek panas. Setelah tangan terasa hangat, letakkan di atas mata, dahi, belakang leher, atau area tubuh mana pun yang terasa tegang. Teknik ini membantu meningkatkan aliran darah ke area stagnan, merangsang rasa tenang dan nyaman, serta memberi energi saat merasa lesu akibat stres.

Meredakan stres tentu dimulai dari olah pikiran yang baik. Saat energi buruk menguasaimu, atur napas agar teratur dan tenangi diri. Lakukan pijatan wajah untuk membantu untuk meredakan stres dan cemas yang dirasakan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading