Sukses

Lifestyle

5 Penyebab HP Bootloop Tiba-tiba yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, HP bootloop. Apa itu bootloop? Bootlop adalah proses rebooting (ponsel mati kemudian menyala lagi) yang terjadi terus-menerus, alias ponsel melakukan proses restart dengan sendirinya secara berulang. Kondisi ini membuat smartphone tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab HP bootloop. Apa saja? Yuk simak penyebab HP bootloop serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab HP Bootloop

1. Salah mengatur permission

Sistem operasional hp Android sangat bergantung pada permission sistem yang benar. Jika kamu salah mengatur permission dalam sebuah file sistem, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab hp bootloop. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika hendak mengatur permission di hpmu.

2. Mod yang tidak sesuai

Penyebab hp bootloop biasanya juga dapat terjadi jika kamu menginstall mod pada HP yang kamu gunakan. Biasanya hp menjadi bootloop akibat mod yang dipasang ternyata tidak kompatibel dengan kondisi dari ROM yang digunakan pada hp. Di sisi lain, mod yang tidak tersusun dengan baik juga bisa menjadi penyebab hp bootloop.

3. Overclock

Salah satu cara untuk mempercepat performa HP adalah dengan menaikan kapasitas prosesornya dengan cara overclock. Sebenarnya cara mempercepat performa ini bisa saja dilakukan, akan tetapi jangan terlalu memaksakan. Maksudnya, jika kamu ingin melakukan overclock, misalkan dari 1 GHz menjadi 2 GHz, maka kamu cukup melakukan setengahnya saja atau bahkan lebih aman lagi jika hanya seperempatnya, dan jangan juga untuk terlalu memaksakan. Jika kamu terlalu memaksa, maka besar kemungkinan HPmu akan bootloop dengan sendirinya.

Penyebab HP Bootloop

4. Restore HP

Restore HP ternyata bisa menyebabkan HP bootloop. Hal ini disebabkan adanya dalvik-cache yang lama dan ternyata belum terhapus secara sempurna, sehingga menyebabkan penumpukan operasi dari sistem tersebut terhadap data sistem yang baru.

5. Mengubah Isi Script di dalam Folder Sistem

Bagi kamu yang suka bermain game, pasti tidak asing dengan mengubah isi script di dalam folder sistem. Biasanya ini dilakukan agar game yang dimainkan semakin menyenangkan. Namun sayangnya mengubah isi script bisa membuat HP tiba-tiba bootloop.

Itulah kelima penyebab HP bootloop. Semoga kamu bisa menghindari penyebab-penyebab tersebut ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading