Sukses

Lifestyle

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa dan Bayi yang Paling Efektif

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tidak pernah mengalami cegukan? Cegukan adalah kondisi yang sudah umum dan dialami oleh banyak orang. Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.

Cegukan biasanya terjadi karena kurang minum atau jumlah air yang masuk ke tubuh masih jauh dari jumlah minimal, jadi tubuh merasa dehidrasi kemudian tubuh memberikan kode agar jumlah air yang masuk bisa ditingkatkan.

Ternyata cegukan bisa terjadi karena beberapa hal. Makan atau minum yang terlalu cepat, perubahan suhu di kerongkongan, bahkan emosi berlebihan juga bisa menyebabkan cegukan.

Cegukan memang menyebalkan karena sangat mengganggu terutama ketika kita ingin berbicara. Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan. Yuk disimak.

Cara Mengatasi Cegukan

1. Minum Air Putih

Cara ini sudah dilakukan oleh banyak orang dan memang terbukti mampu mengatasi cegukan. Apalagi jika penyebab kamu mengalami cegukan adalah karena kamu makan terlalu cepat.

2. Menahan Nafas

Banyak juga yang menyarankan untuk menahan nafas untuk mengatasi cegukan. Cobalah untuk menahan nafas di sela cegukan dan hitung hingga 5 atau 10 kali. Cara ini juga dipercaya sangat efektif karena bisa memberikan rongga udara pada bagian perut dan meredakan cegukan.

3. Menutup Telinga atau Hidung

Cobalah minum air secara perlahan-lahan sambil menutup telinga dan lubang hidung. Banyak juga yang meyakini cara ini cukup berhasil untuk mengatasi cegukan.

4. Pijat Leher

Putar kepala ke kiri sambil berbaring, kemudian pijat pembuluh darah dari arah kanan leher dengan gerakan memutar. Memijat pembuluh darah pada leher, bisa dilakukan selama 5 hingga 10 detik. Ulangi gerakan agar cegukan bisa sembuh.

5. Pijat Telapak Tangan

Tekan telapak tangan dengan menggunakan ibu jari, atau menekan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Jika pada saat menekan telapak tangan terasa sakit, artinya sistem sarafmu sedang mengalami gangguan. Sehingga pijatlah telapak tanganmu beberapa kali agar sembuh.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

1. Istirahat dan sendawa

Beristirahat sejenak dari menyusu untuk bersendawa dapat membantu menghilangkan cegukan. Hal ini karena bersendawa dapat menghilangkan gas berlebih yang dapat menyebabkan cegukan.

Bersendawa juga akan membantu karena dapat menempatkan bayi dalam posisi tegak. American Academy of Pediatrics menyarankan agar bayi yang diberi susu botol dibuat bersendawa tidak hanya setelah menyusui melainkan secara berkala selama menyusui.

2. Gunakan empeng

Cegukan pada bayi tidak selalu dimulai dari menyusui. Ketika mulai cegukan, coba biarkan dia mengisap empeng karena ini dapat membantu mengendurkan diafragma dan dapat membantu menghentikan seragan cegukan.

3. Coba air gripe

Gripe water adalah kombinasi dari hebal dan air yang diyakini oleh beberapa orang dapat membantu mengatasi kolik dan ketidaknyamanan usus lainnya. Jenis herbal yang digunakan bisa bervariasi. Mulai dari jahe, adas, chamomile, dan kayu manis. Air ini memang belum terbukti secara klinis sehingga disaranan untuk mendiskusikannya dengan dokter bayi.

4. Biarkan berhenti sendiri

Bayi di bawah satu tahun akan sering cegukan. Jadi membiarkan mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Jika cegukan tersebut tidak mengganggu bayi kamu, lebih baik biarkan sendiri hingga ia berhenti sendiri.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan cegukan yang bisa kamu lakukan pada dirimu sendiri atau pada si kecil. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading