9 Cara dan Tips Menggunakan Microwave Agar Tetap Awet dan Aman

Vania Al kautsar06 Des 2022, 15:05 WIB
Diperbarui 06 Des 2022, 15:05 WIB
Microwave - Vania

Fimela.com, Jakarta Microwave menjadi salah satu peralatan memasak makanan yang lebih cepat dan praktis daripa metode lainnya, selain itu menggunakan microwave dapat mencairkan makanan yang beku karena suhunya. Menggunakan microwave menjadi salah satu pilihan yang praktis saat sedang tebruru-buru dengan banyak pekerjaan.

Jika di rumah baru saja memiliki microwave yang baru dan tidak mengetahui cara yang aman dan terbaik untuk menggunakannya, maka ada beberapa tips dan trik untuk menggunakan microwave agar tetap aman. Microwave menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang sangat praktis untuk memasak berbagai makanan yang ingin disajikan dengan cepat.

Seiring penggunaan microwave yang berlebihan terkadang akan menyebabkan beberapa masalah yang mungkin dihadapi. Berikut beberapa aturan sederhana untuk menggunakan microwave agar makanan tetap aman dan tidak mudah rusak saat digunakan:

1. Hindari Penggunaan Logam

Microwave - Vania
Ilustrasi Microwave/https://unsplash.com/Louis Hansel

Jangan pernah memasukkan logam apapun ke dalam microwave termasuk peralatan makan yang mengandung untuk logam. Logam biasanya akan memantulkan gelombang mikro dan membuatnya menjadi terbakar, untuk masalah satu ini hingga dari penggunaan barang logam saat memasak makanan di microwave.

2. Memiskah Makanan Berdasarkan Waktu Memasak

Makanan yang lebih besar dan padat seperti daging, biasanya akan membutuhkan waktu memasak di dalam microwave waktu yang lebih lama daripada makanan ringan lainnya. Untuk menghindari masalah satu ini ada baiknya untuk memisahkan beberapa makanan sebelum microwave agar tidak menghasilkan tingkat kematangan yang berbeda.

3. Memotong Makanan yang Besar Agar Mempersingkat Waktu

Microwave - Vania
Ilustrasi Microwave/https://unsplash.com/Andrew Valdivia

Potongan daging yang lebih besar maupun sayuran tebal lainnya seperti kentang ada baiknya untuk dipotong menjadi kecil sebelum di masak. Pasalnya makanan yang tebal akan jauh lebih lama untuk matang dan membuat tingkat kematangan sulit merata.

4. Menyusun Makanan dengan Benar

Apakah pernah memperhatikan masalah satu ini? Ternyata menyusun makanan saat akan di microwave sangat penting. Pilih wadah atau piring yang merata lalu sebar makanan agar tidak menjadi lengket, selain itu cobalah untuk mengatur bagian makanan yang paling tebal menjauhi bagian tengah piring.

5. Menutup Makanan dengan Bungkus Plastik atau Wrap

microwave
ilustrasi microwave/copyright by gcafotografia (Shutterstock)

Saat memasak hidangan dengan kandungan cairan yang cukup tinggi seperti sup ada baiknya untuk tutup menggunakan plastic wrap dan tusuk bagian plastic agat menampung cairan dan membiarkan panaskan keluar, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Selain itu menaruh makanan yang memiliki kandungan air tinggi dalam mangkuk akan menjaga bagian microwave tetap bersih.

6. Jangan Mengisi Wadah Terlalu Penuh

Cairan dalam makanan biasanya akan menggelembung atau memberikan percikan di dalam microwave, ada baiknya untuk menutupi dengan longgar apa yang dipanaskan dengan piring dan tahan microwave atau pastikan dalam mangkuk yang memiliki ukuran besar.

7. Membersihkan Microwave

Ilustrasi Masak di Microwave via Shutterstock.com
Ilustrasi Masak di Microwave via Shutterstock.com

Siapa sangka membersihkan microwave menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk membuat peralatan satu ini tetap awet saat digunakan. Jika menumpahkan makanan kering maupun cair ke dalam microwave ada baiknya langsung dibersihkan, gosok dan bersihkan noda yang terdapat di dalam maupun di luar microwave.

8. Aduk Makanan Secara Teratur Agara Panas Merata

Memasak dengan microwave sangat sering menghasilkan akhir yang tidak merata di dalam makanan. Jadi saat memasak ada baiknya untuk mengaduk setidaknya setengah perjalanan saat memasak dan pastikan untuk memberikan panas yang melebar.

9. Jangan Makanan Langsung

Microwave - Vania
Ilustrasi Mucrowave/https://www.shutterstock.com/New Africa

Makanan yang di masakan dalam microwave biasanya akan terus dimasak sekitar satu menit setelah mesin dimatikan. Jadi cobalah untuk menahan makanan yang makanan yang baru saja keluar dari microwave dan diamkan makanan selama satu menit agar molekul selesai memantul.

Itulah cara dan beberapa tips penggunaan microwave pada makanan agar tetap awet dan terjaga. Jangan sampai salah saat menggunakan microwave, justru hal ini akan merusak microwave.

Lanjutkan Membaca ↓