Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab HP Sering Mati Sendiri? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, HP tiba-tiba mati. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab HP tiba-tiba mati. Apa saja? Yuk simak penyebab HP tiba-tiba mati serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab HP Sering Mati Sendiri

1. Tombol Power Rusak

Salah satu penyebab HP sering mati sendiri adalah karena ada kerusakan pada tombol powernya. Biasanya, sebagian besar ponsel Android dirancang untuk memulai ulang setelah 8-10 detik menahan tombol power tersebut. Oleh karena itu, tombol power yang tidak berfungsi dapat memicu perangkat mati secara tiba-tiba.

Untuk mengatasinya, pertama-tama lepaskan pelindung HP atau kasing ponsel sebentar jika kamu memilikinya. Periksa apakah casing yang menahan tombol powernya. Jika ternyata tombol powernya rusak, bawa ke tempat perbaikan ponsel untuk diperiksa dan perbaiki agar dapat berfungsi kembali.

 2. Perangkat Reset Otomatis

Penyebab HP sering mati sendiri berikutnya bisa jadi karena perangkat yang kamu gunakan melakukan reset secara otomatis. Sistem terkadang mati setelah penggunaan yang lama untuk memuat ulang memorinya dan itu adalah situasi yang normal, karena tidak membahayakan ponsel kita.

Sebaiknya sesekali reset perangkat setelah digunakan selama beberapa hari untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi, yang juga membuat perangkat berjalan dengan lancar juga.

3. Baterai Rusak

Seperti yang kita semua tahu bahwa baterai adalah salah satu bagian ponsel yang paling penting. Dan hal pertama yang harus diperiksa ketika ponsel mati secara tiba-tiba adalah baterainya. Dalam situasi di mana arus baterai tidak mencukupi, ini dapat memicu perangkat untuk mati.

Salah satu solusi untuk situasi ini adalah dengan mengisi daya ponsel karena mungkin baterai rendah. Isi ulang daya ponselmu dan biarkan perangkat mengisi daya selama beberapa jam dan periksa apakah sudah berfungsi dengan baik.

Jika ponsel masih tidak berfungsi dengan baik, itu berarti kamu memiliki masalah yang lain. Baterai mungkin mengalami kerusakan dan harus dibawa ke pusat perbaikan untuk diperiksa dan diganti. Jangan mencoba membongkar baterai yang terpasang sendiri karena dapat merusak seluruh perangkat.

Penyebab HP Sering Mati Sendiri

4. Adanya Bug

Pihak pengembang aplikasi atau ponsel selalu bekerja untuk memperbaiki bug apa pun yang dapat menyebabkan perangkat berjalan lambat, menguras baterai, dan bahkan menyebabkan ketidakstabilan pada sistem.

Itulah mengapa kamu diharuskan memperbarui perangkat secara teratur ketika muncul pembaruan. Ini dapat membantu memperbaiki perangkat agar tidak mati secara otomatis setelah pembaruan diinstal.

 Untuk memeriksa dan menginstal pembaruan pada perangkat, buka aplikasi Pengaturan ponsel dan arahkan ke Sistem di bagian bawah, lalu ketuk Pembaruan sistem untuk memeriksa pembaruan. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar untuk mengunduh dan menginstal pembaruan sistem jika ada pembaruan yang tertunda.

5. Memori Penuh

Game berat atau memori yang tidak cukup untuk menjalankan operasi juga dapat menjadi penyebab HP tiba-tiba mati. Kalau ponselmu mati setelah memainkan game yang berat atau menjalankan beberapa aplikasi, coba batasi jumlah aplikasi yang dijalankan pada satu waktu agar ponsel tetap bisa berjalan dengan lancar.

Kamu juga bisa menghapus aplikasi terbaru untuk melonggarkan memori dan juga membiarkan ponsel beristirahat setelah berjam-jam penggunaan berikutnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading