5 Tanda Ada Mental Kuat di Dalam Dirimu sebagai Perempuan Dewasa

Endah Wijayanti10 Des 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 10 Des 2022, 10:15 WIB
perempuan dan desember 5

Fimela.com, Jakarta Makin bertambah usia, makin banyak hal yang perlu kita hadapi. Bahkan kita perlu terus mengasah berbagai potensi dan kelebihan diri agar bisa menjadi perempuan yang lebih dewasa. Mental kita pun mungkin akan ditempa makin berat seiring waktu berjalan, tapi dari setiap tempaan yang ada kita bisa menghadirkan mental yang lebih kuat di dalam diri kita.

Di dalam dirimu pun bisa jadi sudah ada mental yang kuat. Mental yang kuat ini pun senantiasa membantumu bertahan melewati masa-masa sulit. Serta, selalu membuatmu bisa menemukan jalan keluar atau solusi terbaik dari setiap masalah yang ada. Perempuan yang bermental kuat pun bisa ditandai dengan lima hal ini.

 

 

1. Bisa Memetik Pelajaran dari Tiap Kejadian

perempuan dan desember 3
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chungyam

"Memetik pelajaran berarti menemukan sesuatu yang bermakna. Mencoba tak terlalu terlibat dengan banyak hal negatif, tapi melatih diri untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan," kutipan menarik dari film Stutz ini memberi sudut pandang yang bagus soal menyikapi hal tak menyenangkan dalam hidup. Saat kita tak bisa menghindari kegagalan atau menghindari situasi yang tak menyenangkan, kita perlu berusaha memetika pelajaran agar kita tidak terlalu lama terpuruk dalam kesedihan dan kegetiran. Sebab hidup masih berjalan dan kita perlu terus melangkah ke depan.

 

 

2. Bisa Berdamai dengan Masa Lalu

perempuan dan desember duduk buku
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Prathan

Dirimu yang saat ini sudah lebih kuat dan dewasa karena sudah bisa berdamai dengan masa lalu. Kemampuanmu berdamai dengan masa lalu membuatmu bisa menjaga harga diri dengan lebih baik. Mengutip buku How to Respect Myself, "Tidak mudah hidup dengan menggenggam masa lalu yang menyakitkan. Sama seperti hidup dengan memeluk sebuah bola api yang panas. Saat harga diri sehat, bola api tersebut berperan sebagai penghangat yang aman. Namun saat harga diri sedang jatuh, bola api ini berubah menjadi senjata yang berbahaya dan dapat membakar." Berdamai dengan masa lalu juga membantumu untuk tidak terlalu sering meratapi atau mengasihani diri sendiri.

 

 

3. Senantiasa Berusaha Mengelola Emosi dengan Baik

perempuan dan desember baju kuning
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chungyam

Kamu tak menolak semua emosi dan perasaan yang hadir. Namun, kini kamu senantiasa berusaha mengelola emosi dengan lebih baik dan sehat. Dengan memahami dan mengelola emosi yang baik, kamu pun bisa mengenal diri dengan lebih baik. Hal ini pun membantumu untuk bisa lebih seimbang dalam menjalani hidup.

 

 

4. Bisa Menjaga Harapan-Harapan Baik

perempuan dan desember 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chungyam

Semangat hidup selalu ada di dalam dirimu. Selalu ada harapan-harapan baik yang kamu jaga dalam hidup. Mentalmu pun bisa makin kuat tiap kali kamu memperkuat hadirnya harapan baik. Setiap harapan baik yang kamu perkuat dan hadirkan dalam hidup membuatmu selalu memiliki kekuatan baru untuk melangkah ke depan.

 

 

5. Mampu Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

perempuan dan desember duduk santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Prathan

Kamu bisa bahagia dengan caramu sendiri. Kamu bisa mengupayakan hal-hal sederhana yang bisa menghadirkan kebahagian dalam hidup. Kamu tak selalu bergantung pada orang lain untuk membuatmu bahagia, dan ini menjadi pertanda ada kedewasaan di dalam dirimu.

Itu tadi lima tanda perempuan bermental kuat versi Fimela. Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, karakter atau sikap seperti apa lagi yang bisa mencerminkan adanya mental yang kuat di dalam diri?

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓