Sukses

Lifestyle

5 Cara Berdamai dengan Sisi Diri yang Tak Sempurna

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti pernah merasa memiliki banyak kekurangan. Ada sisi diri yang tampak dan terasa tak sempurna. Apalagi ketika mulai membandingkan diri dengan orang lain, rasanya ada saja hal-hal dari diri sendiri yang membuat kita minder.

Sekarang saatnya untuk berdamai dengan sisi diri yang tak sempurna itu. Saatnya untuk lebih percaya diri dan makin nyaman dengan diri sendiri. Caranya bisa dimulai dengan beberapa hal sederhana berikut ini.

1. Sadari bahwa Ketidaksempurnaan Tak Selamanya Buruk

Mengutip buku Conversations on Love, "When it comes to self-love it's not so much about loving yourself, but accepting that all human beings have their less impressive sides, and so your less impressive sides don't cut you off from the possibility of having a good relationship." Mencintai diri sendiri bukan soal perkara terlalu menyayangi diri sendiri, tetapi menyadari bahwa tiap orang punya sisi tak sempurna. Memiliki sisi tak sempurna tidak membuat kita lebih rendah dari siapa pun sebab ketidaksempurnaan justru bisa menjadi keistimewaan kita.

 

2. Kurangi Kebiasaan Merendahkan Diri Sendiri

Diri sendiri bisa menjadi tukang kritik yang paling keras terhadap diri sendiri. Makin sering kita merendahkan diri sendiri, makin sulit bagi kita untuk bisa lebih percaya diri. Saatnya untuk lebih sering menyampaikan afirmasi positif untuk diri sendiri agar hati bisa lebih tenang dan nyaman.

 

 

3. Rawat Diri dengan Sebaik Mungkin

Warna mata, warna kulit, bentuk wajah, tinggi badan, hingga bentuk badan yang menurutmu tak sempurna bisa jadi sebenarnya tampak memiliki pesona sendiri di mata orang lain. Ketika kita tak bisa mengubah bentuk atau fitur tertentu di tubuh, maka upayakan untuk merawatnya sebaik mungkin. Rawat diri dengan cara ternyaman yang bisa dilakukan, maka suasana hatimu pun bisa membaik.

 

 

4. Pilih Penampilan yang Membuatmu Nyaman

Kenakan riasan dan pakain serta pilih penampilan yang membuatmu nyaman. Kenyamanan menjadi kunci penting untuk bisa lebih percaya diri. Tak perlu terlalu fokus pada merendahkan sisi diri yang tak sempurna. Cukup tingkatkan rasa nyamanmu dengan penampilan yang kamu sukai sendiri.

 

 

5. Tersenyumlah saat Bercermin

Ya, tersenyumlah saat bercermin. Tersenyumlah untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain atau mendapat pujian dari orang lain. Hadirkan rasa nyaman dengan senyuman terindah yang bisa kamu hadirkan. Awali harimu dengan senyuman, maka yakinlah segalanya akan terasa lebih indah.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bisa berdamai dengan sisi diri yang tak sempurna. Tetap sayangi dan rawat diri sebaik mungkin, ya karena dirimu sangatlah istimewa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading