Sukses

Lifestyle

5 Cara Bangkit Lagi dari Kegagalan yang Dialami

Fimela.com, Jakarta Menghadapi kegagalan memang sangat menyakitkan. Apalagi ketika kita sebenarnya sudah memperjuangkan segalanya dengan sebaik mungkin, kegagalan yang dihadapi bisa menghancurkan semua harapan yang pernah dirangkai. Walau kegagalan sangat pahit, tapi kita tetap perlu melangkah ke depan.

Agar bisa bangkit dari kegagalan yang dialami, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Cara-cara ini bisa menjadi langkah awal untuk diambil agar tidak terpuruk dalam kesedihan dan kegagalan yang ada. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Terima Kegagalan sebagai Proses Pendewasaan

Kegagalan yang ada memang perlu diterima apa adanya. Lapangkan hati untuk menerima kegagalan yang ada. Anggap saja kegagalan merupakan bagian dari proses pendewasaan diri. Mengutip buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah, orang yang selalu ingin berhasil dalam segala hal akan mudah cemas berlebihan saat ia tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik. Keinginan untuk selalu berhasil dalam segala hal bisa membuat gampang malah gampang cemas. Jadi, anggap saja kegagalan ini sebagai warna baru untuk membuat dirimu bisa lebih tegar jalani hidup.

2. Ringankan Perasaan dengan Cara Ternyaman

Hadirkan ruang yang lebih luas dan lapang di dalam diri untuk menyambut rasa bahagia yang baru. Kegagalan yang ada memang membuatmu bersedih dan terluka. Untuk meringankan perasaan, cobalah untuk mengizinkan diri menangis dan bersedih secukupnya. Alirkan perasaan yang tak nyaman ke luar agar dirimu bisa lebih mudah menyambut ketenangan dengan lebih mudah.

3. Ambil Hikmah dari Kegagalan yang Ada

Agar tidak hancur saat merasa gagal, kita perlu menyadari bahwa kegagalan itu bagian dari perjalanan hidup kita. Ambillah pelajaran atau hikmah dari kegagalan yang ada. Pengalaman yang ada perlu diterima dengan sudut pandang yang lebih luas dan positif lagi. Kadang justru ada banyak pelajaran baru yang bisa didapat dari sebuah kegagalan yang kita alami dalam hidup.

4. Tata Ulang Rencana atau Ekspektasi

Fokuslah melakukan hal-hal yang masih bisa dilakukan dan diupayakan pada masa kini untuk masa depan yang lebih baik. Coba tata ulang rencana yang ada. Kelola lagi ekspektasi yang ada. Tak harus memaksakan diri untuk melakukan segala sesuatunya dengan sempurna. Kadang kita hanya perlu membuka jalan atau pintu yang baru untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

5. Ciptakan Harapan yang Lebih Baik

Mengutip buku The Comfort Book, untuk merasakan harapan, kita tidak perlu berada dalam situasi yang luar biasa menyenangkan. Kita hanya harus paham bahwa segala sesuatu berubah. Kegagalan yang ada anggap saja sebagai sebuah perubahan yang terjadi dalam hidup. Jadi, untuk bisa melangkah ke depan dan bangkit dari kegagalan yang ada, kita bisa membuat harapan yang lebih baik. Dengan begitu, langkah kita akan diarahkan ke tujuan yang lebih baik pula.

Semoga setiap kegagalan yang kamu alami dalam hidup bisa makin menguatkan dirimu, ya. Terima kasih sudah berjuang dan melakukan segala yang terbaik hingga saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading