Sukses

Lifestyle

5 Cara Membangkitkan Kembali Rasa Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Karena satu dan lain hal, rasa percaya diri bisa menurun. Saat sudah begini, semangat untuk menjalani rutinitas pun ikut meredup. Segalanya jadi terasa makin menakutkan untuk dihadapi dan dijalani.

Untuk membangkitkan kembali rasa percaya diri, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Seperti melalui empat langkah sederhana berikut ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya.

1. Temukan Pemicu Menurunnya Rasa Percaya Diri

Coba ingat lagi kapan rasa percaya diri mulai menurun. Kira-kira apa pemicunya? Kapan perasaan tak nyaman itu hadir dan merusak rasa percaya diri? Dengan mengetahui titik awalnya, kamu bisa lebih mudah mencari jalan keluar yang tepat atas masalah yang ada.

 

 

2. Terhubung Kembali ke Diri Sendiri

Sebelum makin stres dan tertekan dengan rasa percaya diri yang makin menurun, cobalah untuk terhubung lagi dengan diri sendiri. Bisa dimulai dengan mengambil selembar kertas dan menuliskan semua hal yang dirasakan dalam tulisan. Pahami isi kepala dan perasaan sendiri dengan lebih baik, maka suasana hatimu pun perlahan bisa ikut membaik.

 

 

3. Coba Pose Baru

Untuk membangkitkan rasa percaya diri kamu bisa coba menggerakkan tubuhmu. Coba pose yang membuatmu merasa lebih tangguh. Sekadar berdiri tegak dan kepala sedikit terangkat sambil tersenyum bisa menghadirkan perasaan yang lebih positif. Menggerakkan tubuh bisa menjadi langkah sederhan untuk kembali mendapatkan rasa percaya dirimu.

 

 

4. Kurangi Kebiasaan Membandingkan Diri

Tutup media sosialmu untuk sementara waktu. Kurangi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Ambil jarak dari orang-orang yang membuatmu merasa minder atau insecure. Untuk sementara waktu, fokuslah melakukan hal-hal yang memang penting dan baik untuk dirimu sendiri.

 

5. Selesaikan Sesuatu yang Kamu Kerjakan

 

Rasa puas bisa menyelesaikan sesuatu bisa hadirkan rasa nyaman. Rasa nyaman ini pun bisa meningkatkan rasa percaya dirimu. Ketika rasa percaya diri turun, kita perlu hal yang nyata atau konkret untuk membuktikan diri kita berharga dan masih bisa menghadirkan manfaat.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba untuk membangkitkan lagi rasa percaya dirimu. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading