Sukses

Lifestyle

Penyebab Black Screen Pada Laptop yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan laptop saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan laptop sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satunya adalah layar laptop tiba-tiba berubah hanya menampilkan warna hitam saja atau biasa juga disebut dengan istilah black screen.

Lalu jika sudah black screen bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab black screen pada laptop. Apa saja penyebabnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Black Screen

1. Virus

Penyebab laptop black screen yang paling umum adalah karena adanya virus. Virus atau malware biasanya muncul saat kamu mengunduh file atau program dari situs website yang tidak aman. Bisa juga karena kamu membiarkan sembarang orang mengakses laptop untuk transfer data. Virus yang masuk ke dalam sistem akan mempengaruhi kinerja laptop hingga efeknya bisa memicu gangguan fungsi sampai terjadi black screen.

2. Update yang Belum Selesai

Bagi pengguna Windows 10, biasanya developer rutin melakukan pembaruan tiap jadwalnya update, pengguna akan diberikan akses kemudahan sebab proses update yang dilakukan sudah terprogram secara otomatis. Jadi penyebab layar laptop hanya menampilkan warna hitam saja itu bisa karena proses update tidak berjalan dengan sempurna. Bisa saja ketika sedang update, baterai laptop tiba-tiba habis dan mati, artinya ada sistem yang belum selesai diperbarui.

3. Konektor Kabel LCD Bermasalah

Selain dari faktor internal sistem, kemunculan masalah Black Screen bisa juga dari koneksi kabel yang menghubungkan ke perangkat LCD bermasalah. Jika kabel yang tersambung ke mainboard lepas, maka komponen utama terhambat mengirimkan perintah ke layar dan timbul gangguan seperti black screen.

Suhu Laptop Juga Bisa Bikin Black Screen

4. Aplikasi yang Bermasalah atau Tidak Kompatibel

Kalau permasalahan ini terjadi setelah kamu menginstall suatu aplikasi, maka bisa jadi aplikasi tersebut yang jadi masalah. Coba saja cek apakah aplikasi tersebut kompatibel untuk laptopmu atau tidak. Mungkin saja aplikasi tersebut tidak kompatibel, oleh karena itu wajar kalau kemudian timbul masalah.

5. Overheat

Jika laptop sudah terlalu lama digunakan, maka laptop akan terasa panas. Kalau suhu laptop sudah melebihi batasnya, maka laptop bisa saja jadi overheat dan timbul beberapa permasalahan seperti black screen.

Nah itu dia beberapa penyebab laptop black screen tiba-tiba. Black screen bisa saja terjadi karena beberapa hal yang sebenarnya bisa dihindari. Jadi sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut agar tidak terjadi black screen ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading