5 Cara Jalani Hidup yang Lebih Tenang dengan Kebiasaan Sederhana

Endah Wijayanti23 Jan 2023, 08:15 WIB
Diperbarui 23 Jan 2023, 08:16 WIB
surat ayah dan membuat bapak bangga

Fimela.com, Jakarta Memiliki hidup yang tenang memang impian kita semua. Bisa menghadirkan hati dan perasaan yang tenang dalam keseharian bisa membuat kita lebih nyaman menjalani hidup. Kalau selama ini kita masih kesulitan untuk memiliki hidup yang lebih tenang, kita bisa coba menerapkan sejumlah kebiasaan sederhana yang baru.

Berikut ini ada lima kebiasaan sederhana yang bisa dicoba untuk membuat hidupmu lebih tenang. Bisa dimulai dari cara yang paling mudah dicoba atau dilakukan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Membuat Jurnal Pribadi

surat ayah dan belajar memaafkan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lingtsyr

Kadang kita kewalahan dan gampang stres karena bingung harus mengerjakan apa lebih dulu. Bahkan kita bisa merasa makin cemas saat ada hal yang terlewat atau terlupakan. Untuk mengatasinya, bisa coba membuat jurnal pribadi. Di jurnal ini kita bisa menuliskan jadwal atau kegiatan yang perlu dilakukan. Serta semua urusan yang perlu diselesaikan satu per satu.

 

 

2. Tidur dan Bangun di Jadwal yang Sama

surat ayah dan putri yang keras kepala
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/uniqueshutter

Kualitas tidur bisa memengaruhi kualitas hidup kita. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk bisa membuat kita gampang capek dan stres. Untuk itu, cobalah untuk membuat jadwal tidur malam dan bangun pagi yang sama. Setidaknya dengan begini, tubuh bisa tetap bugar dalam menjalani keseharian.

 

 

3. Rapikan Ruang yang Selalu Ditempati

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kanyanat+Kasemsook

Ruangan yang berantakan bisa membuat kita yang melihat dan menempatinya jadi gampang stres. Sebisa mungkin bersihkan ruang yang selalu kita tempati serutin mungkin. Rapikan barang dan benda yang kita gunakan dalam keseharian. Melihat suasana di sekeliling kita rapi akan membuat hati kita bisa terasa makin tenang.

 

 

4. Terhubung dengan Orang-Orang Baik

surat ayah dan tanpa hadirmu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/shisukaa

Ada kalanya kita memang perlu memblokir orang-orang toxic dalam hidup kita. Di sisi lain, kita perlu tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang memang menghadirkan pengaruh baik dalam hidup kita. Jaga selalu hubungan baik yang masih ada. Bisa terhubung dengan orang-orang yang menerima kita dengan apa adanya bisa membuat hati kita hangat dan nyaman.

 

 

5. Luangkan Waktu Melakukan Hal yang Disukai

surat ayah dan kebersamaan singkat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Ada hobi yang masih bisa kamu tekuni? Ada kegiatan yang selalu bisa membuat suasana hatimu membaik? Luangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai. Hidup jadi terasa lebih berwarna dan tenang saat kita masih memiliki kesempatan untuk membahagiakan diri sendiri.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bisa lebih tenang dalam menjalani hidup. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Lanjutkan Membaca ↓