Sukses

Lifestyle

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Didownload di Playstore

Fimela.com, Jakarta Playstore atau juga disebut dengan Google Playstore adalah salah satu layanan milik Google. Playstore sendiri merupakan toko digital yang menjual berbagai aplikasi untuk handphone yang menggunakan sistem operasi android. Tidak hanya aplikasi, Playstore juga menjual berbagai produk media seperti buku, film, musik, dan televisi.

Produk yang dijual di Playstore sangat beragam. Bahkan banyak juga produk yang dijual secara gratis. Ada juga produk-produk yang dijual berbayar. Harganya pun bervariasi, ada yang cukup terjangkau ada pula yang mahal, bergantung pada produk apa yang dijual.

Bisa dibilang, Playstore merupakan aplikasi yang cukup penting di handphone. Karena dari Playstore lah kita bisa mengunduh aplikasi dan mengakses berbagai macam hiburan di dalamnya. Jika Playstore tidak ada, atau minimal sedang eror, pasti semua pengguna smartphone dengan sistem operasi android cukup kerepotan.

Mungkin juga kamu pernah mengalami Playstore yang sedang eror. Salah satu bentuk erornya adalah tiba-tiba tidak bisa mengunduh aplikasi yang diinginkan. Nah biasanya hal ini terjadi karena beberapa hal. Bisa karena penyimpanan yang penuh atau hal lainnya. Apa saja? Simak penjelasan mengenai penyebab tidak bisa download aplikasi di playstore berikut ini.

1. Aplikasi Tidak Cocok dengan Ponselmu

Jika ketika akan mengunduh aplikasi muncul pop up atau keterangan "Aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat kamu” atau “Aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat manapun”, artinya aplikasi ini tidak dibuat untuk ponsel yang sedang kamu gunakan. Beberapa aplikasi memang dibuat hanya untuk beberapa jenis ponsel saja.

Mungkin juga software ponselmu sudah tertinggal dari versi terbaru. Jadi wajar jika kemudian aplikasi yang ingin kamu unduh karena aplikasi tersebut hanya mendukung software yang punya versi terbaru. Coba cek versi dari software ponselmu. Jika memang sudah ada versi terbarunya, kamu akan diarahkan untuk update software.

2. Tidak Tersedia di Wilayahmu

Salah satu penyebab tidak bisa download aplikasi di playstore adalah aplikasi tersebut tidak tersedia di daerah atau wilayahmu. Biasanya hal ini terjadi jika kamu mengunduh aplikasi yang berasal dari luar negeri. Mungkin saja pihak pengembang aplikasi tersebut belum menyediakan aplikasi dalam versi internasional atau hanya menyediakan versi beberapa negara atau daerah saja.

3. Ruang Penyimpanan Penuh

Ini adalah penyebab tidak bisa download aplikasi di playstore yang paling umum. Biasanya jika ruang penyimpananmu penuh, maka kamu tidak bisa mengunduh aplikasi yang kamu inginkan dari playstore.

Mungkin saja kamu merasa masih ada ruang di dalam ruang penyimpananmu, namun sebenarnya jika untuk menyimpan sebuah aplikasi, maka tidak ada ruang tersisa lagi di ponselmu. Padahal kamu butuh sedikit ruang di ponselmu agar kamu bisa menjalankan aplikasi tersebut dan aplikasi lainnya yang sudah kamu unduh sebelumnya.

Coba bersihkan sampah-sampah atau file yang tidak lagi kamu butuhkan. Juga uninstall aplikasi yang sudah tidak lagi kamu gunakan.

4. Koneksi Internet

Nah ini adalah penyebab tidak bisa download aplikasi di playstore yang juga umum dialami banyak orang namun sering tidak disadari. Terkadang ketika sedang mengunduh aplikasi namun gagal terus, kamu merasa itu bukan karena koneksi internet yang buruk karena kamu merasa koneksi internet yang kamu gunakan masih lancar-lancar saja bahkan bisa digunakan untuk internetan.

Namun yang perlu kamu tahu adalah ketika mengunduh aplikasi kamu membutuhkan koneksi internet yang benar-benar stabil. Berbeda dengan ketika kamu hanya chattingan atau internetan di browser saja. Jika koneksimu tidak stabil, maka wajar kalau kamu tidak bisa mengunduh aplikasi dari playstore.

5. Aplikasi Sudah Dihapus

Penyebab tidak bisa download aplikasi di playstore lainnya adalah kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah dihapus dari playstore. Lalu kenapa aplikasi tersebut masih muncul? Bisa jadi hal ini terjadi karena playstore yang kamu gunakan masih berada di versi yang lama dan kamu belum update ke versi terbaru. Jika kamu update playstore yang kamu gunakan, maka nanti langsung terlihat kalau aplikasi tersebut sudah menghilang dari playstore dan tidak bisa kamu unduh lagi.

Itulah penjelasan mengenai penyebab tidak bisa download aplikasi di playstore. Cara mengatasinya tentu berdasarkan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah karena penyimpanan yang terlalu penuh, maka kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan atau sampah dan cache di ponselmu. Namun beberapa penyebab lainnya yang berkaitan dengan aplikasi tersebut sayangnya belum bisa teratasi karena hal tersebut bergantung dengan tim pengembang dari aplikasi tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading