Sukses

Lifestyle

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, layar HP tiba-tiba bergerak sendiri padahal tidak disentuh sama sekali atau biasa disebut dengan ghost touch. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab ghost touch. Apa saja? Yuk simak penyebab ghost touch serta cara mengatasinya berikut ini.

1. Ada Cairan atau Debu di Layar

Penyebab ghost touch yang paling umum adalah adanya cairan atau debu yang ada di layar. Debu atau cairan ini kadang tidak terlihat, oleh karena itu wajar jika kamu merasa tidak ada apapun di layar ponselmu.

Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat sensitivitas sentuhannya terganggu. Alhasil, gerakan layar bisa tidak sesuai dengan arah semestinya. Bahkan, layar HP bisa gerak sendiri.

2. Tidak Menggunakan Charger Bawaan

Tidak menggunakan charger bawaan dari HP juga bisa menjadi penyebab ghost touch. Hal ini dikarenakan output daya dari charger yang kamu gunakan itu cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya tersebut bisa mengganggu sensitivitas sentuhan layar.

3. Screen Guard

Ternyata screen guard atau plastik tipis yang melapisi layar HP juga bisa menjadi penyebab ghost touch lho, Sahabat Fimela. Padahal tujuan dari penggunaan screen guard sendiri adalah melindungi layar HP.

Bisa jadi pemasangan screen guardmu kurang tepat yang kemudian membuat sensitivitas layar terganggu yang kemudian menjadi ghost touch. Namun bisa juga ketika memasang screen guard, ada debu yang terperangkap dan kamu tidak menyadarinya yang kemudian menjadi penyebab ghost touch.

4. Bug pada Aplikasi

Aplikasi yang ada di HP juga bisa menjadi penyebab ghost touch. Bisa jadi aplikasi yang kamu install itu mengandung bug di dalamnya. Bug pada aplikasi inilah yang kemudian menjadi penyebab ghost touch pada HPmu.

Bug pada aplikasi bisa menyebabkan fungsi sistem pada HPmu. Jika sudah begitu wajar jika kemudian terjadi ghost touch.

Cara Mengatasi

1. Bersihkan Layar

Ghost touch bisa terjadi karena debu atau cairan yang menempel di layar HP. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan layar HP dari debu atau cairan yang menempel.

Jangan lupa untuk melepas screen guard terlebih dahulu sebelum membersihkan layar. Kemudian jangan gunakan lagi screen guard yang sudah kamu lepas karena bisa jadi screen guard tersebut sudah kotor. Gantilah dengan screen guard yang baru dan bersih.

2. Gunakan Semua Aksesoris Bawaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab ghost touch adalah tidak menggunakan charger bawaan HP. Oleh karena itu, untuk mengatasi ghost touch cobalah untuk menggunakan aksesoris bawaannya. Selain untuk menghindari ghost touch, menggunakan charger bawaan HP juga mencegah kerusakan yang lebih serius pada HP.

3. Update Aplikasi

Bug pada aplikasi yang kamu unduh juga bisa menjadi penyebab ghost touch. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu rutin meng-update aplikasi yang sudah kamu instal sebelumnya. Update aplikasi akan membuat bug tersebut menghilang dan mengembalikan HPmu seperti kondisi sebelumnya.

4. Perbaiki ke Teknisi

Nah jika semua cara sudah dilakukan namun ghost touch tetap terjadi, biasanya hal tersebut dikarenakan sistem dari HP yang bermasalah atau bagian layar sentuhnya yang rusak. Jika sudah demikian, yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ghost touch adalah dengan menyerahkan kepada teknisi untuk diperbaiki.

Itulah penjelasan mengenai penyebab ghost touch pada HP dan cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading