5 Cara Bahagia Jalani Hidup meski Dirimu Tidak Populer

Endah Wijayanti24 Jan 2023, 11:15 WIB
Diperbarui 24 Jan 2023, 11:15 WIB
mendengarkan musik santai tersenyum

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa bahagia, ada banyak cara yang bisa dicoba dan dilakukan. Kalau selama ini kamu menganggap harus menjadi orang terkenal atau populer untuk bahagia, kini saatnya untuk memperluas sudut pandangnmu. Tak harus menjadi pribadi yang dikenal banyak orang lebih dahulu untuk bahagia.

Kamu pun bisa bahagia tanpa harus menjadi terkenal lebih dulu. Menjadi dirimu apa adanya dengan keseharian dan rutinitas yang bisa kamu nikmati sudah bisa menjadi sumber kebahagiaanmu sendiri.

 

 

1. Nikmati Rutinitas yang Dijalani

perempuan cantik santai kalem tenang
ilustrasi perempuan merenung/polkadot_photo/Shutterstock

Apa pun rutinitas atau keseharian yang kamu lakukan, nikmati saja setiap momennya. Selama masih bisa menyambut hari dengan senyuman dan mengisi hari-hari dengan hal-hal yang bermakna, maka kebahagiaan bisa hadir dalam hidupmu. Sesederhana atau sekecil apa pun hal yang kamu lakukan, selama itu bisa membuat dirimu lebih bernilai maka itu sudah menjadi hal yang membahagiakan.

 

 

2. Fokus Mencapai Hal-Hal yang Diinginkan

santai merenung kalem tenang
ilustrasi perempuan minum kopi teh/Guitarfoto/Shutterstock

Kurangi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Makin sering membandingkan diri dengan orang lain, makin sulit bagi kita untuk bahagia jalani hidup. Jadi, mending fokus saja memperjuangkan hal-hal yang ingin kamu capai dalam hidup.

 

 

3. Sadari bahwa Tiap Orang Punya Perjalanan Hidup Berbeda

perempuan dan berusaha untuk tenang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Titik awal perjalanan dan perjuangan hidupmu tak sama dengan yang dimiliki orang lain. Pencapaian tiap orang pun tak sama. Mengingat masalah, tantangan, dan konflik yang dihadapi orang berbeda-beda, maka tak perlu merasa insecure saat melihat orang lain tampak lebih baik atau punya kehidupan yang lebih baik darimu.

 

 

4. Lakukan Sesuatu untuk Menyenangkan Hati Sendiri

tersenyum bahagia tenang kalem mandiri
ilustrasi perempuan dewasa/copyright by atiger/Shutterstock

Kalau hanya menunggu validasi orang lain untuk bahagia, maka akan sulit bagimu untuk bisa mencapai kebahagiaan yang kamu inginkan. Tak harus menjadi populer atau dikagumi orang lain untuk bahagia. Coba senangkan saja diri sendiri dan kagumi diri sendiri, maka kebahagiaan baru bisa mengalir dengan lebih mudah.

 

 

5. Tekuni Sesuatu yang Disukai

bahagia tersenyum kalem tenang
ilustrasi perempuan mencintai diri sendiri/PorporLing/Shutterstock

Kuasai suatu bidang. Tekuni hal yang disukai dengan penuh rasa gairah dan semangat. Tak harus menunggu dimotivasi atau disemangati orang lain untuk bisa membuatmu bahagia. Kerjakan saja hal yang bisa menghadirkan gairah sendiri dalam hidupmu, maka kebahagiaan bisa hadir dari kepuasan batin yang kamu dapatkan.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bisa bahagia jalani hidup tanpa harus menunggu menjadi orang terkenal atau populer. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela