Sukses

Lifestyle

Gandeng Annisa Steviani, Webinar dari Pegadaian Beri Inspirasi Wujudkan Mimpi dengan Investasi

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih membuat bucket list yang berisi daftar impian atau hal-hal yang ingin kamu wujudkan tahun ini? Kira-kira apa saja nih isinya, Sahabat Fimela? Sebagian dari kamu mungkin ada yang ingin punya rumah pertama, ada juga yang ingin beli mobil baru karena anggota keluarga yang kini bertambah besar. 

Rasanya menyenangkan banget jika bucket list tersebut bisa terwujud satu per satu. Namun, bukan hanya bermodal punya niat lalu bisa terwujud dengan sendirinya. Penting juga untuk merencanakan strategi biar bisa tercapai nih. Di sinilah pentingnya mengelola keuangan dan belajar investasi agar bisa mewujudkan berbagai impian yang dimiliki. 

Tema ini juga yang menjadi pembahasan menarik dalam webinar Pegadaian bertajuk Wujudkan Mimpi dengan Cerdas Investasi yang digelar secara live streaming pada Rabu (25/01/2023). Menggandeng Certified Financial Planner ternama, Annisa Steviani, ulik lebih jauh ilmu yang bisa kamu terapkan yuk!

Financial Journey adalah Proses Menyeluruh

Investasi menjadi topik yang hangat dibahas sejak masa pandemi. Sayangnya, menurut Steviani ada satu hal yang bikin banyak orang salah kaprah karena langsung fokus pada investasi. Padahal, financial journey memiliki beberapa tahapan yang semuanya harus dilalui sebelum menuju investasi. 

Ia pun meneruskan bahwa ada 5 prinsip dasar dari financial journey yang harus dicapai. “Pertama Basic Needs terpenuhi. Makan udah terpenuhi belum? Bayar listrik, sekolah anak, itu jadi nomor 1. Kemudian Safety Net, kita punya dana darurat atau nggak? Ini yang biasanya orang-orang susah memiliki. Nomor 3 ada Debt Management atau pengaturan utang, kita merasa uang kita banyak, tapi ternyata banyak barang yang dibeli dengan paylater. Baru jika nomor 1-3 terpenuhi, kita baru memikirkan Asset Building. Kalau nggak matang, tentu akan mengganggu financial planning. Misal, kita udah nabung buat beli rumah tapi nggak punya dana darurat. Saat ada kebutuhan mendadak, tabungan buat beli rumah yang kita pakai, akhirnya semakin jauh dari punya rumah. Baru setelah itu semua terpenuhi ada yang terakhir namanya Wealth Preservation & Legacy,” lanjutnya. 

Perhatikan Risiko Investasi

Jika basic need sudah terpenuhi, Annisa pun mengungkapkan tahap selanjutnya barulah memikirkan investasi yang bisa dilakukan. Nggak perlu mengikuti tren, menabung saja nggak masalah yang penting konsisten dengan tujuan yang dimiliki. 

"Dalam menentukan investasi, harus memperhatikan yang namanya manajemen risiko. Ada Risk Appetite atau selera investasi. Kita mau yang return gede tapi berisiko atau yang penting aman dan return kecil? Lalu Risk Capacity, yaitu kemampuan menerima risiko terkait usia, jumlah tanggungan dan kondisi keuangan. Terakhir adalah Risk Tolerance, batas risiko yang bisa diterima," lanjut Annisa. 

Annisa pun menegaskan bahwa di zaman modern seperti sekarang ini, investasi nggak harus membutuhkan modal besar. “Zaman sekarang investasi nggak harus punya uang banyak. Emas bisa disesuaikan dengan seberapa banyak uang yang dimiliki karena sekarang banyak produk emas yang bisa dibeli sesuai budget,” ungkap Annisa. 

Investasi Emas dengan Mudah dan Praktis

Selain Annisa, hadir juga Muhammad Reza yang menjadi bagian dari Divisi Produk Emas PT Pegadaian membagikan ilmu dan tips dan triknya. Sebagai sosok yang berkecimpung dalam dunia investasi dan emas, Reza mengungkapkan ada banyak keuntungan dari instrument yang satu ini. 

“Emas itu sering disebut sebagai safe heaven atau tempat yang aman. Bisa dibilang emas adalah investasi investasi yang aman dan minim risiko. Sering dikenal tidak memiliki hubungan negatif dengan instrumen yang lain, sehingga tidak terpengaruh dengan ketidakpastian finansial. Cocok untuk jangka panjang,” ungkap Reza dalam webinar tersebut. 

Namun, hal paling penting sebelum memulai investasi emas tentu saja memperhatikan tempat jual beli emas yang aman dan terpercaya seperti Pegadaian. Reza pun menjelaskan ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan investasi emas di Pegadaian.

“Investasi emas di Pegadaian cepat, aman, dan murah. Transaksinya bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital. Pegadaian sendiri merupakan bagian dari BUMN dan BRI Group, di mana jaringannya besar dengan 4.086 outlet di seluruh Indonesia yang terdaftar dan diawasi OJK. Biayanya juga murah karena uang muka mulai dari 10% dan angsuran tetap meskipun harga emas naik,” jelas Reza dalam sesi webinar tersebut. 

Berbagai produk investasi emas hadir di Pegadaian, antara lain sebagai berikut: 

1. Pegadaian Cicil Emas

Pembiayaan kepemilikan emas batangan untuk masyarakat dengan fitur pembayaran hingga paket bundling asuransi. Di sini kamu bisa mendapatkan jaminan emas 24K asli bersertifikat, DP ringan mulai 10%, angsuran tetap meski harga emas naik, dan bisa digunakan untuk personal maupun arisan. 

2. Pegadaian Tabungan Emas

Layanan yang satu ini fokus pada penitipan sado emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Rupiah yang dimasukkan ke dalam tabungan otomatis akan dikonversi menjadi emas. Produk ini memiliki jaminan emas 24K asli, bahkan 100% dijamin ada fisik emasnya. Saldo emas juga bisa digadaikan, dicetak, dijual, dan ditransfer lewat Pegadaian Digital. 

Ada lagi keuntungan melakukan investasi emas di Pegadaian. Reza menjelaskan bahwa Pegadaian memberikan promo kejutan awal tahun yang sayang banget dilewatkan. Kalau kamu ingin memulai cicil emas di Pegadaian, nikmati diskon uang muka yang disesuaikan dengan tenor dan dominasi gram yang dipilih. Dapatkan promonya di seluruh outlet Pegadaian atau di aplikasi Pegadaian Digital yang berlaku hingga 28 Februari 2023.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati promo Gajian Emas dari Pegadaian. Bagi yang sudah menyiapkan pos investasi rutin, nikmati promo yang satu ini. Kalau membuka Tabungan Emas, dapatkan promo Mulai Nabung diskon 20%. Sementara itu, ada juga promo top up tabungan emas yang memberikan diskon hingga Rp 50ribu dan promo Gadai Tabungan Emas hingga Rp 500ribu!

Mewujudkan impian bisa dilakukan dengan mudah jika kamu melakukan investasi dengan cerdas dan cermat. Yuk, awali bersama Pegadaian! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading