Sukses

Lifestyle

3 Kesalahan Umum yang Sebaiknya Dihindari Saat Menyetrika Pakaian

Fimela.com, Jakarta Menyetrika pada dasarnya dilakukan untuk membuat pakaian yang kusut menjadi rapi. Namun bukan itu saja, aktivitas ini juga bisa digunakan untuk menipiskan volume pakaian sehingga bisa disusun dan muat dengan lebih mudah di dalam lemari. Meski begitu, ternyata menyetrika baju juga nggak boleh dilakukan asal-asalan, lho.

Salah sedikit saja, pakaian malah bisa menjadi semakin kusut dan bahkan ‘gosong’. Makanya, untuk menghindari terjadinya hal ini, penting bagi kamu untuk mengetahui kesalahan umum apa saja yang seharusnya nggak dilakukan. Berikut ulasannya.

1. Jarang Membersihkan Setrika

Kesalahan pertama yang sering banget dilakukan oleh banyak orang adalah nggak membersihkan alat setrika secara berkala. Perlu diingat bahwa alas setrika itu rentan terkena debu dan kotoran. Belum lagi sisa-sisa pelicin dan pengharum bisa banget untuk menempel dan menumpuk. 

Jika kamu langsung menyetrika sebelum membersihkan alat elektronik tersebut, maka berbagai kotoran tersebut bisa saja menempel di pakaian dan membuatnya jadi rusak. 

Nah, agar bisa kembali bersih, maka kamu bisa menggosokkan daun pisang ke tapak setrika dengan suhu yang rendah. Bahan ini dipercaya bisa menghilangkan debu dan kotoran, serta membuat halus permukaan setrika.

2. Menyetrika dengan Suhu yang Terlalu Panas

Sebelum menyetrika, ada baiknya jika kamu memperhatikan dulu pengaturan suhu yang ada pada setrika. Di setiap perangkat ini, biasanya terdapat tombol atau kenop untuk menaikkan atau menurunkan suhu. Nah, kamu wajib tahu pakaian seperti apa saja yang perlu disetrika dalam suhu yang tinggi dan mana yang menggunakan suhu rendah.

Umumnya, pakaian berbahan tebal seperti jaket dan jeans menggunakan suhu yang panas agar bisa rapi dengan maksimal. Sementara itu, pakaian yang berbahan tipis seperti sifon dan satin perlu disetrika menggunakan suhu yang panasnya kurang.

3. Nggak Menggunakan Pelicin Pakaian

Untuk bisa menyetrika secara lebih mudah, maka kamu bisa menyemprotkan pelicin ke bagian depan dan belakang pakaian. Pakaian yang kusut dan sulit diatur pun bisa dengan otomatis rapi lebih cepat jika menggunakan produk yang satu ini.

Kelebihan menggunakan pelicin saat menyetrika pun nggak hanya itu saja. Sebab, jika kamu memakainya, maka pakaian akan lebih harum dan bebas dari bau apek. Jadi, carilah produk pelicin yang benar-benar bisa melicinkan pakaian saat disetrika dan memberikan sensasi keharuman yang tiada tara.

Demikian kesalahan umum saat menyetrika pakaian yang perlu kamu hindari. Semoga dengan mengetahui beberapa hal di atas, kegiatan merapikan pakaianmu bisa lebih mudah dan menyenangkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading