Sukses

Entertainment

Abdee Negara Beberkan Sebab Dirinya Gagal Ginjal

Fimela.com, Jakarta Tak disangka, dibalik enerjiknya aksi panggung Abdee Negara gitaris Slank, ternyata menyimpan penyakit yang mematikan. Abdee baru diketahui publik menidap gagal ginjal selama 4,5 tahun. Selama bulan Januari lalu, Abdee terpaksa diopname di rumah sakit karena penyakitnya itu.

Penyebab penyakit gagal ginjal memang beragam. Dan, pola hidup alias lifestyle menjadi salah satu yang menjadi faktor penyebab penyakit ini. Lalu apa penyebab yang mengakibatkan Abdee juga harus istirahat dari kegiatan Slank selama setahun ini?

"Awalnya darah tinggi yang tak terawat. Saya mengidap darah tinggi selama 10 tahun. Saya juga mengidap penyakit gula alias diabetes. Itu yang bikin rusak ginjal," kata Abdee di Markas Slank, Duren Tiga, Jakarta Selatan (22/3/2015).

[Bintang] Abdee Negara

Beberapa tahun kemarin, Abdee sempat menjalani diet ketat saat fungsi ginjalnya sudah 12 persen saja. Beberapa makanan yang mengandung zat tertentu dihindarinya. Namun, hal ini tak menolong karena kondisi ginjal Abdee ternyata semakin memburuk.

"Pas divonis itu, coba pelajari penyakit saya. Nyari informasi. Fungsi ginjal kan sebenarnya sebagai filter makanan yang dikonsumsi. Jadi kalau makannya pas, enggak perlu difilter. Diet ketat ya, hindari makanan yang mengandung fosfor, fosfat, kalium, dan potasium. Tapi ternyata emang semakin menurun dari 2013," ujar Abdee.

Akhirnya, Abdee pun menyerah dengan kondisi ginjalnya. Ia mengikut satu di antara dua pilihan medis yaitu cuci darah atau melakukan transplantasi alias cangkok ginjal. "Saya melakoni cuci darah dua kali seminggu, enggak perlu rawat inep. Tapi awal kemarin diopname selama sebulan. Lima jam adalah waktu yang dibutuhkan untuk sekali cuci darah,” ungkap Abdee.

Abdee Negara

Abdee pun menceritakan kondisinya yang selalu lemas dan tidak fit beberapa hari dalam seminggu. Ia hanya memiliki 2 hari yang kondisi tubuhnya masih bisa diajak untuk melakukan kegiatan.

"Yang saya rasakan setelah cuci darah, lemes dan pusing. Sehari kemudian lumayan sehat, jelang cuci darah juga lemes lagi, rutin seperti itu. Dalam seminggu teorinya ada 2 hari yang fit. Tapi secara mental sehat. Selalu merasa sehat. Dengan itu akan berimbas kekuatan fisik," tandas Abdee Negara.

 

BACA JUGA YA!

Bimbim Slank: Abdee Itu Hero Gue

Bimbim Benarkan Abdee Negara Rehat Dari Slank

Slank Dkk Rilis Album, Abdee Negara ke Mana?

Ungu Terkejut Dengar Abdee Slank Bakal Hiatus

Abdee Negara Rangkul Para Musisi Dukung KPK

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading