Sukses

Entertainment

IMAX Luncurkan Teknologi Terbaru di Premier 'Furious 7'

Fimela.com, Jakarta IMAX sebagai salah satu bukti kemajuan teknologi dalam dunia film. IMAX mempunyai kemampuan merakam dan mempaparkan gambar dengan resolusi yang jauh lebih besar dibanding biasanya. Proyeksi laser terbaru IMAX dirancang untuk gala premier film 'Furious 7'  di TCL Chinese Theatere, Los Angeles. Instalasi ini baru pertama kali dilakukan di Amerika Serikat, sedangkan di dunia sudah yang kedua kali. Sebagai tanda rilisnya 'Furious 7' secara global, maka IMAX menayangkannya di sekitar 800 layar bioskop.

Seperti dilansir The Hollywood Reporter, setidaknya dibutuhkan 60 juta USD untuk proyeksi IMAX terbaru ini. "Kita tahu film tayang. Laser proyektor IMAX bertujuan untuk menciptakan sistem digital yang akan "memenuhi atau melampaui" 15/70mm format film IMAX," ungkap Brian Bonnick, pemimpin IMAX.

[Bintang] Imax

Laser dapat membuat hasil film menjadi lebih terang dibandingkan menggunakan lampu Xenon. IMAX menggunakan 22FootLamberts (ukuran cahaya) dengan gamut warna yang lebih luas dan jangkauan dinamis yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem Xenon. Rentang dinamis tinggi, yaitu rentang antara putih dan hitam.

Sistem IMAX dikembangkan dengan menggabungkan dua proyektor laser. Sistem ini telah dilisensi oleh Eastman Kodak, dan teknologi tambahan yang dibuat oleh Barco. Instalasi laser IMAX juga akan menawarkan sistem suara yang ditingkatkan menjadi 12 saluran audio (sistem yang ada memiliki 6 saluran), membawa 4 saluran baru untuk langit-langit teater dan saluran tambahan untuk setiap sisi dinding. Semua dirancang untuk bioskop IMAX dengan layar yang lebih besar dari 75 kaki (TCL memiliki layar 90 kaki).

[Bintang] Furious 7

Teknologi proyeksi laser IMAX pertama kali dilakukan pada film 'The Hobbit: The Battle of Five Armies'. Ketika penayangannya Desember 2014 di Scotiabank Theatre, Toronto. Sedangkan pada TCL Chinese Theatere, IMAX melaporkan bahwa 71 sistem telah terjual. Selanjutnya, IMAX akan melakukan instalasi di Pacific Science Center, Seattle. (Baca Juga: Cinema IMAX Terbaru Bakal Hadir di Bekasi)

Film 'Avengers 2: Age of Ultron' dan 'Tomorrowland' yang mengantri untuk teknologi IMAX terbaru ini. Kedua film ini nantinya akan melalui proses IMAX Digital Re-mastering (DRM), ini akan menjadi versi yang berbeda dari yang digunakan untuk IMAX Xenon berbasis proyektor digital.

Secara terpisah, Dolby akan meluncurkan merek bioskop premium yaitu Dolby Cinema. Dolby Cinema nantinya akan mencakup laser proyeksi untuk rentang dinamis yang juga tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading