Gara-gara Lirik Seksual, IU Tuai Kontroversi

Nizar Zulmi12 Nov 2015, 08:20 WIB
Diperbarui 12 Nov 2015, 08:20 WIB
IU

Fimela.com, Jakarta Penyanyi cantik asal Korea, IU baru-baru ini tengah jadi sorotan berbagai media. Penyanyi bernama asli Lee Jieun ini menuai kontroversi setelah dianggap menuangkan lirik seksual dalam lagunya.

Kisruh masalah ini semakin meluas karena Zeze, karakter yang ada di lagu IU berjudul sama merupakan salah satu karakter fiksi novel yang mendunia, My Sweet Orange Tree. Novel tersebut merupakan salah satu masterpiece milik penulis José Mauro de Vasconcelos.

IU tuai kontroversi gara-gara lagu Zeze yang berbau seksualitas

IU dituding telah melibatkan karakter anak sebagai objek seksual. Dalam lirik lagu Zeze, terdapat kata-kata "Zeze, come on up the tree quick and kiss the leaves, don’t be naughty and don’t hurt the tree, come up the tree and get the youngest leaf … you are innocent but shrewd, transparent but dirty and there is no way of knowing what’s living inside,".

Tak pelak, lirik lagu tersebut langsung mendapat reaksi keras dari para pengamat musik. Bahkan media di luar Korea seperti The Guardian pun turut memberitakan hal kontroversial ini.

Kontroversi IU sampai ke media luar negeri

Beberapa saat setelahnya IU memang sempat memberi klarifikasi, dengan menyatakan bahwa ia hanya terinspirasi dari karakter Zeze dari novel original dan tak bermaksud melibatkan bocah sebagai objek seksual. Ia juga meminta maaf karena telah membuat lirik yang ofensif dan mungkin terlalu vulgar bagi para pendengarnya.

Para penggemar K-Pop pun sempat geram dan bingung karena IU beberapa waktu lalu menebar senyum saat mengunjungi China seakan tak terjadi apa-apa. Bagaimana tanggapan kalian terkait masalah ini?