Sukses

Entertainment

Arkarna: Beli Musik Legal, Dampaknya Besar Untuk Kami

Fimela.com, Jakarta Pembajakan memang sudah menjadi musuh dari musisi dan penyanyi di berbagai negara di belahan bumi manapun. Seperti itu pula dengan band Arkarna yang saat ini menyikapi maraknya download ilegal seiring dengan perkembangan dunia maya.

"Kita memang butuh banyak tempat untuk berbicara memerangi illegal download. Itu akan menjadi PR bersama," kata Matt Hart di Gedung Kementrian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (23/11).

"Pembajakan bukan lagi hal asing. Pembajakan sudah banyak terjadi dan menjadi fenomena global. Kami tentu mendukung hal ini. Yang menjadi tantangan berbagai musisi di berbagai negara," sambung Ollie Jacobs.

Ollie Arkarna (Galih W Satria/Bintang.com)

Menjamurnya situs-situs download ilegal membuat para musisi pun 'engap'. Mereka disebut tak menghargai jerih payah musisi yang telah mengeluarkan karya. Padahal, sebagai musisi, sebuah timbal balik sangat diperlukan untuk keberlangsungan karya.

"Tidak beruntungnya ini memang banyak terjadi banyak pihak yang mempengaruhi terjadinya hal tersebut (download ilegal). Ini penting untuk menyadari bahwa kami yang bermusik juga butuh untuk menjual musik," kata Matt.

Bagi musisi, apresiasi dari penikmat musik merupakan hal yang sangat mereka harapkan. Seperti itu pula dengan Arkarna yang menyebut hubungan antara musisi dan penikmat musiknya merupakan simbiosis mutualisme.

Arkarna turut perangi ollegal downloading yang jadi musuh para pelaku dunia musik (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Kalau beli album asli atau mendownload album asli kami akan lebih senang karena akan memberikan banyak efek ke kitanya karena kan itu bentuk mutual simbol. Kami memberikan musik, mereka membeli, sesimpel itu tapi besar dampaknya bagi kami untuk terus menciptakan musik di masa ke depannya," imbuhnya.

Namun, maraknya download ilegal tersebut membuat banyak musisi akhirnya menemukan cara-cara kreatif tersendiri. "Taylor Swift yang menggunakan spotify dan itu terbilang sukses. Itu salah satu wujud perkembangan streaming musik. Selain mengembangkan industri musik itu cara yang legal untuk mengenalkan musik," ujar Ollie.

"Ini memicu kami musisi dengan pihak-pihak terkait untuk menaklukan pembajakan di masa digital ini dengan menciptakan inovasi baru yang ramah digunakan. Bagaimana kami bisa terus berkarya dan orang-orang bisa tetap setia memilih cara yang legal mendengarkan musik kami," tandas vokalis Arkarna.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading