Sukses

Entertainment

Eksklusif, Curahan Hati Sheryl Sheinafia Lewat Alunan Nada

Fimela.com, Jakarta Musik menjadi media yang tepat untuk seorang musisi mengungkapkan berbagai hal, mulai dari kehidupan hingga kisah percintaan. Hal ini juga mendorong Sheryl Sheinafia untuk mengemas konsep bermusik yang menarik dan lewat untaian lirik penuh romansa dan realita cinta anak muda.

Berawal dari pengalaman pribadi, membuat Sheryl Sheinafia berusaha untuk menyuguhkan karya yang jujur apa adanya. Tak muluk-muluk, musisi muda yang identik dengan permainan gitarnya ini, ikut menyemarakan industri musik Indonesia lewat pemikiran yang sederhana namun menghasilkan karya padat makna.

Eksklusif Sheryl Sheinafia (Foto by Galih W. Satria/Bintang.com, Digital Imaging by Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Tidak menyia-nyiakan talenta bermusik yang telah ia miliki, Sheryl Sheinafia menyisipkan tampilan akustik yang menjadi persembahan pamungkasnya. Bersama sang gitar kesayangan, Sheryl siap untuk berbicara tentang cinta lewat curahan hati di dalam alunan nada.

Sebelumnya, dara manis ini telah melahirkan karya pertama berupa album bertajuk Sheryl Sheinafia yang dirilis pada tahun 2013 lalu. Total 9 lagu di album tersebut menampilkan kemampuan vokal yang menjadi pembuktian rasa cintanya pada dunia musik.

Eksklusif Sheryl Sheinafia (Foto by Galih W. Satria/Bintang.com, Digital Imaging by Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Romansa yang Sheryl Sheinafia tuangkan dalam karya terbarunya bertajuk Kutunggu Kau Putus. Judul single yang lugas ini, jelas memaparkan maksud yang ingin disampaikan. Lebih lanjut, Sheryl Sheinafia juga banyak berdiskusi dengan teman-teman mengenai topik ini di mana ia juga sempat berada di situasi yang sama.

Selain itu, Sheryl Sheinafia kini juga tengah mematangkan album kedua yang ia akui akan rampung tahun 2016 mendatang. Di single Kutunggu Kau Putus, Sheryl berkesempatan untuk berduet dengan Ariel NOAH dan single ini juga akan melengkapi album terbarunya. Untuk mengetahui lebih lanjut perjalanan bermusiknya, berikut petikan wawancara eksklusif tim Bintang.com bersama Sheryl Sheinafia.

Keseruan di Balik Judul Single Baru 'Kutunggu Kau Putus'

Mengapa memilih judul single Kutunggu Kau Putus?

Aku waktu itu ketemu sama songwriter yang luar biasa, produser aku juga. Dia adalah Alam Urbach dan Alam Urbach itu bener-bener punya influence yang bagus banget buat aku. Jadi, he inspiring me so much in songwriting. Habis itu, in production dan salah satu karya terbaiknya itu menurut aku lagu Kutunggu Kau Putus ini. Jadi, kita juga ketemuannya workshop dulu, kita bangun energinya seperti apa, connect atau nggak. Dia minta aku kita ketemuan di workshop ini, aku pisah kemana. Kita ketemuan lagi for the second time udah ada lagu-lagunya masing-masing. Ada lagu yang dia bikinin, Kutunggu Kau Putus dan Sheryl punya lagu lain juga ada judunya Modus dan itu juga ada di album aku.

Apa ada pengalaman pribadi di album ini?

Jujur aja sih sebenernya di album ini, udah nggak mau hold back lagi. Mungkin di album pertama aku yang lebih banyak yang ceritanya itu dari beda orang dan inspirasinya dari beda-beda orang. Tapi buat album ini, nggak tahu kenapa aku itu banyak banget curcol. So, kebanyakan dari pengalaman pribadi aku.

Eksklusif Sheryl Sheinafia (Foto by Galih W. Satria/Bintang.com, Digital Imaging by Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Apa tidak masalah untuk membeberkan pengalaman hidup ke orang-orang?

Menurut aku sih, aku jujur aja dan aku lihat kayak banyak songwriter di luar juga yang menjadi inspirasi aku gitu. Mereka itu lebih bisa dapet perasaan aku kalau misalkan lebih bercerita tentang apa sih cerita asli dari lagu itu dan kenapa harus menyanyikan lagu itu. Makanya, aku yang udah nggak bisa bohong lagi. Soalnya nggak tahu, nggak jago bohong.

Apa yang mau ditonjolin dari lagu Kutunggu Kau Putus?

Sebenernya kalau misalnya konten, nggak pantes juga nunngguin orang putus. Cuman apa dayaku. Kalau aku bawain lagu Kutunggu Kau Putus ini, mungkin karena aku banyak ngobrol juga sama temen-temen aku dan aku sempet ada di dalam situasi seperti itu. Pas aku survei, banyak gitu yang ngalamin ternyata.

Lagu Kutunggu Kau Putus ini terinspirasi dari siapa?

I think the song made for my past relationship with someone dan aku mungkin nggak nungguin dia putus pada saat itu. Di single yang Kutunggu Kau Putus itu, aku mencoba untuk memahami posisinya, orang yang waktu itu lagi pacaran dan lagi deket sama aku. Dan dulu, aku yang nggak bisa ngelepasin seseorang, sampai akhirnya jalanin. Oh itu yang kamu rasain.

Eksklusif Sheryl Sheinafia (Foto by Galih W. Satria/Bintang.com, Digital Imaging by Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Bagaimana proses bisa duet dengan Ariel NOAH?

Jadi, aku sama Kang Ariel bener-bener sesuatu yang spontaneous banget gitu. Aku sebenernya udah selesai rekaman buat lagunya, satu lagu itu dan ditanya sama temen-temen dari label gimana menurut kamu kalau misalnya duetin lagu ini biar jadi sesuatu yang beda gitu dan kita tambahin kaya suasana yang beda. Suaranya Kang Ariel we all know itu khas banget. Jadi, aku tanya sama mereka, siapa optionnya? Gimana kalau Kang Ariel, ternyata itu juga. Jadi, mereka coba ajuin kalau mau aja. Akhirnya, pas ada suaranya Kang Ariel enak gitu di belakangnya.

Pengalaman menarik duet bersama Ariel NOAH?

Yang menarik itu kita cuma ketemuan sekali selama workshop buat lagu itu sampai di mastering dan lain-lain. Itu cuma untuk membahas bagan-bagannya. Ada beberapa notasi yang dibikin di belakang sama Kang Ariel. Dan banyak banget notasi-notasi yang diambil sama Kang Ariel. Cuma, kita harus akalin gimana biar bisa nyambung gitu, jadi setelah dinyanyiin sama Kang Ariel itu kayak rada nimpa vokal yang aku bikin tapi malah lebih enak. Berarti, aku harus mencoba lebih menyesuaikan saat kita ketemuan sekali itu.

Dalamnya Makna Musik dan Gitar Bagi Sheryl Sheinafia

Musik seperti apa yang ingin ditunjukkan Sheryl Sheinafia?

Sebenernya sekarang aku lebih pengen nonjolin my acoustic side. Mungkin di album pertama itu aku masih nyari banget, bukannya aku sekarang udah ngga bener-bener temuin gitu color dan warna musik Sheryl belum terlalu, Cuma sekarang Sheryl lebih yakin. Kemarin itu kaya opening sekarang itu introduction. Lebih akustik, lebih Sheryl, lebih seperti itu.

Keunikan musik Sheryl itu apa?

Buat album ini itu ada pergantian image dari aku mungkin Sheryl awalnya itu lebih tomboy, tapi aku ini sekarang lebih ayo aja gitu. Aku buat segi musiknya lebih bukan cuman kayak it's a catchy song, tapi aku lebih belajar untuk in-depth sama lirik-lirik aku dan aku banyak sharing sama musisi berbeda yang punya style writing yang luar biasa. Salah satunya seperti Mas Giring, Mas Rian dan Kang Ariel, Kang David. Mereka bantuin aku dan motivate juga. Banyak seperti Pakde Eross dan banyak ngobrol sama Pakde Duta. They're very heplful.

Eksklusif Sheryl Sheinafia (Foto by Galih W. Satria/Bintang.com, Digital Imaging by Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Kenapa memilih akustik?

Mungkin karena aku juga masih ada dalam diri aku untuk kayak nonjolin sound kita walaupun sekarang trennya lebih ke EDM dan ke musik-musik yang lebih keras, cuman Sheryl tetep enjoy main akustik.

Apa yang membuat Sheryl Sheinafia sangat menyukai gitar?

Maybe gitar it was like my gateaway thing jadi di sekolah, I was just like average banget jadi, kalau misalnya bisa main gitar aku punya statement. Tapi, as I grew up gitar itu menjadi kaya sesuatu yang emang bagian dari aku ga bisa ngelepasin, kemana-mana di mobil aja saat kemacetan aku kan orangnya hyperactive, nggak bisa diem. Jadi, aku main gitar dan gitar aku kecil jadi muat kalau mau main-main muat di mobil.

Sejak kapan bisa memainkan gitar?

Aku bisa main gitar dari umur 8 tahun. Sheryl main gitar itu autodidak bareng sama satpam aku jadi kita belajar bareng-bareng. Kalau dulu itu, nama satpamnya Mas Wiknyo dan sekarang Mas Wiknyo udah jadi supir taksi tapi Mas Wiknyo yang ngajarin aku mainin lagu Ada Apa denganmunya Peterpan. Jadi, ternyata Mas Wiknyo juga lagi belajar terus kita sama-sama belajar. Kalau gitar itu aku masih belajar banyak banget jujur aja. Sekarang, Sheryl lebih mendalami teori dan teknik-teknik gitar.

Eksklusif Sheryl Sheinafia (Foto by Galih W. Satria/Bintang.com, Digital Imaging by Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Musisi yang menjadi inspirasi?

Kalau dari dalam negeri, aku suka banget sama Endah N Rhesa. Because, Mbak Endah is awesome. Mbak Endah yang memberi aku kesempatan when I was 10 years old di daerah Kemang, aku temuin Mbak Endah dan Mas Rhesa, sebenernya cuman nonton doang, beraniin untuk manggung bareng terus aku dipinjemin gitar untuk main di kafe itu. Semenjak itu, aku yang kayak one day I wanna play just like Mbak Endah.

Arti musik sendiri buat Sheryl?

Music is my soulmate. Aku misalkan tanpa musik, mungkin ga dapet keberuntungan yang aku dapet selama ini dan kebahagiaan. Karena, kadang aku juga suka merasa jenuh dan merasa sedih in the end aku merasakan kalau this is what I wish wanted to be able to meet different musicians to meet my idols, untuk sharing bareng mereka jadi musik itu menyatukan aku dalam segi relationship, sama orang-orang mau itu sama keluarga, pasangan, sahabat. Jadi kayak it's just my soulmate.

Harapan Sheryl dalam bermusik?

Lebih bisa di dengar sama banyak masyarakat tapi I guess every musician wishes for the same thing gitu tapi harapan aku solid to be happy with my music. I think that's wish now, untuk bener-bener bahagia banget sama apa yang aku lakuin sekarang dan kedepannya. Karena misalnya kalau aku bisa bahagia semoga itu bisa jadi impact buat kedepannya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading