Sukses

Entertainment

Zumi Zola Teruskan Jejak Ayah Menjadi Gubernur Jambi (3)

Fimela.com, Jakarta Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, begitu kata peribahasa lama. Ayah kandung Zumi Zola, Zulkifli Nurdin menjabat Gubernur Jambi untuk periode   1999-2004 dan 2005-2010. Kini giliran Zumi menjabat posisi yang pernah diduduki sang ayah selama dua perirode.

Pasca menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur (2011-2016), ia ikut pilkada langsung untuk pemilihan Gubernur Jambi. Berpasangan dengan Fachrori Umar, Zumi berhasil mengumpulkan suara terbanyak. Pasangan Zumi Zola dan  Fachrori Umar berhasil meraih simpati sebagian besar rakyat Jambi.

Dari hitung cepat (quick count) versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Rabu (9/12/2015), ia mengumpulkan suara 54,79 persen dari 12,33 persen dari suara yang masuk. Sementara saingannya pasangan calon Hasan Basri Agus-Edi Purwanto mendapatkan 45,21 persen suara. Memang itu baru hitungan sementara, namun hasil real qount yang dikumpulkan panitia pemilihan dari TPS-TPS biasanya tidak jauh berbeda. Begitu pengalaman yang terjadi selama pilkada, pileg dan pemilihan umum selama ini.

 Zumi Zola. (Bintang Pictures)

Tanda-tanda Zumi akan  meruskan jejak orang tuanya di pentas politik sudah terlihat jelas ketika ia yang sempat populer sebagai bintang sinetron dan bintang film, namun juga meseriusi dunia pendidikan. Tak hanya puas sekolah di level strata satu dengan tamat dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Zumi pun melanjutkan syudinya ke Inggris. Di sana ia mendalami studi di bidang bisnis.  Pulang dari London pun menyandang gelar magister.

Langkah Zumi yang berniat menjaga tradisi keluarga menjadi pemimpin daerah di Jambi kian terlihat saat Zumi terjun ke politik praktis. Seperti ayahnya yang bernaung di bawah Partai Amanat Nasional (PAN), Zumi pun berkecimpung di partai yang sama.

Zumi Zola. (Bintang Pictures) 

Pembukti pertama diperlihatkan Zumi Zola dengan berhasil dalam pilkada untuk daerah Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016. Sebuah daerah kabupaten yang ada di pesisir timur porvinsi dengan julukan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah itu.

Kini ia kembali terpilih dalam pilkada langsung namun untuk level yang lebih tinggi, Gubernur Jambi. Hebatnya pasangan Zumi Zola- Fachrori Umar mengalahkan pasangan kuat Hasan Basri Agus-Edi Purwanto. Hasan Basri Agus adalah Gubernur Jambi yang menggantikan ayah kandung Zumi Zola; Zulkifli Nurdin. Kini tampuk pemerintahan Jambi kembali direbut oleh keluarga Zulkifli Nurdin. Dulu ayah yang menjadi gubernur, sekarang giliran anak yang menempati jabatan presitius itu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading