7 Ikon Kota Jakarta yang Kerap Muncul di Film

Regina Novanda29 Des 2015, 14:42 WIB
[Bintang] Jakarta

Fimela.com, Jakarta Sebagai ibukota negara, Jakarta merupakan ikon dari keramahan bumi pertiwi. Meski terkenal dengan hiruk pikuk serta kemacetannya, Jakarta selalu memiliki spot menarik untuk diangkat dalam layar lebar. Bahkan, kota berpenduduk lebih dari sembilan juta jiwa ini pun pernah dijadikan lokasi syuting beberapa film produksi Hollywood.

Baca Juga

Sudah banyak film anak negeri yang memilih Jakarta sebagai setting utama maupun pendukung. Setidaknya, ada tujuh ikon kota yang kerap muncul di film. Selain memiliki nilai-nilai sejarah, tempat tersebut juga menyimpan pesona dan 'nyawa' bagi masyarakat ibukota. Tak pelak, film pun akan terasa hidup jika mengambil di lokasi itu.

Monas. Mungkin sudah puluhan, bahkan ratusan film atau sinetron yang menyorot Monas (Monumen Nasional). Tugu setinggi 137 meter ini merupakan ciri khas ibukota. Umumnya, Monas disorot untuk adegan yang menceritakan perantau yang baru tiba di Jakarta. Bahkan, film-film Hollywood seperti The Philosophers pernah syuting di sini.

Monas (via commons.wikimedia.org)

Seperi Monas, Bundaran HI (Hotel Indonesia) juga kerap muncul dalam film dan sinetron. Biasanya gambar untuk lokasi yang berada di jalan MH Thamrin ini diambil ketika malam hari, karena cahaya dari lampu jalanan ibukota yang cantik benar-benar menggambarkan kehidupan masyarakat Jakarta.

Bundaran HI. Foto: via jaktrip.net

Patung Soedirman. Film Nagabonar Jadi 2 mengambil lokasi syuting di sini. Saat itu, Deddy Mizwar hormat kepada patung Jenderal Soedirman yang berdiri kokoh di antara jalan protokol ibukota. Selain patung Soedirman, patung Pancoran juga kerap disorot dalam film maupun sinetron.

Patung Soedirman di film Nagabonar Jadi 2. Foto: via kaskus.co.id

Kawasan Wisata Kota Tua. Selain sebagai tempat rekreasi, lokasi ini juga sering ditandangi para sineas untuk lokasi syuting. Seperti film Chicco Jerikho, Cahaya dari Timur Beta Maluku. Kota Tua memang terkenal dengan Museum dan dan bagunan-bangunan bersejarahnya yang semakin mengindikasikan kota Jakarta di masa lampau.

Kawasan Wisata Kota Tua. Foto: via bairuindra.com

Stasiun Senen dan Jakarta Kota. Dari sekian banyak stasiun yang ada di Jakarta, stasiun Senen dan Jakarta Kota yang paling sering digunakan sebagai lokasi syuting. Untuk stasiun Senen sendiri pernah dipakai untuk syuting film 5 cm dan Tampan Tailor. Sedangkan stasiun Jakarta Kota pernah dijadikan lokasi syuting film Cinlok yang dibintangi Luna Maya dan Tukul Arwana.

Stasiun Senen di film 5 cm. Foto: via harydw.blogspot.com

Sungai Ciliwung. Di balik kemegahan kota Jakarta, potret kesederhaan dari bantaran kali Ciliwung juga pernah diangkat ke layar lebar. Beberapa film yang pernah syuting di sini yaitu Brandal-brandal Ciliwung, Kuntilanak Ciliwung, Tampan Tailor dan masih banyak lagi.

Sungai Ciliwung. Foto: via en.wikipedia.org

Taman Menteng. Taman yang berlokasi di Jakarta Pusat ini sering jadi destinasi menarik bagi penduduk ibukota untuk merehatkan sejenak pikiran dari hiruk pikuk kota. Keasriannya pun kerap dijadikan lokasi syuting, film, sinetron, FTV serta iklan. Bahkan, film Hollywood berjudul Blackhat yang dibintangi Chris Hemsworth pernah syuting di Taman Menteng.

Taman Menteng. Foto: via mardianiani.wordpress.com

Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks