Sukses

Entertainment

Eksklusif, Langkah Tiwi Mengejar Passion yang Mendarah Daging

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang penyanyi sekaligus menjadi ibu bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Setidaknya itulah yang dialami oleh Prastiwi Dwiarti atau yang lebih akrab disapa Tiwi. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat AFI ini dulunya sempat populer dengan membentuk bernama T2 duo bersama Tika. Namun perempuan kelahiran Bandung, 5 Februari 1986 mencoba eksis di dunia musik dengan bersolo karir.

***

Kalian mungkin masih ingat dengan Tiwi yang dulu sempat menjadi perhatian lewat single berjudul 'OK'. Single yang dibawakannya bersama Tika dalam grup T2 memang sempat menjadi hits di tanah air. Apalagi keduanya sama-sama jebolan ajang pencarian bakat AFI.

Tak cuma single berjudul 'OK', Tika dan Tiwi kemudian juga melahirkan single lain yang tak kalah populer seperti 'Lelaki Cadangan' ataupun 'Tak Jodoh'. Keduanya menjadi salah satu grup/duo yang cukup menyita banyak perhatian dari penikmat musik di Indonesia.

Eksklusif Tiwi (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Namun setelah Tika menikah, T2 mulai jarang terdengar. Nama T2 semakin tak terdengar ketika akhirnya Tiwi juga menikah hingga sekarang telah memiliki momongan. Kesibukan mereka berdua sebagai istri dan ibu membuatnya tak bisa kembali bernyanyi. Meskipun akhirnya Tika juga merilis single dan album solo, T2 tetap tak terdengar.

Akhir tahun 2014 Tiwi akhirnya mendapatkan kesempatan untuk kembali bernyanyi. Nagaswara, label yang menaunginya menawarkan sebuah project untuk Tiwi. Sang penyanyi akhirnya mengambil kesempatan tersebut untuk bisa kembali eksis di industri musik tanah air hingga akhirnya kini telah memiliki 3 single termasuk 1 buah single kolaborasi bersama Delon.

Terbiasa berkolaborasi bersama Tika, Tiwi merasakan perbedaan ketika terjun menjadi solois. Dirinya merasa lebih sepi karena tak ada partner yang menemaninya bernyanyi. Meskipun begitu Tiwi mengaku ingin menemukan identitas baru yang jauh berbeda dari dirinya yang dulu bersama T2.

Eksklusif Tiwi (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Memutuskan untuk bersolo karir juga tak membuatnya ingin benar-benar lepas dari image T2. Karena bagaimanapun juga T2 juga telah membesarkan namanya sampai seperti sekarang. Ketika ditanya bagaimana status T2, Tiwi juga masih bingung menjawab. Ibu satu anak ini lebih memilih untuk menjalani apa yang sedang dikerjakannya sekarang.

Mengenai apa yang sedang dikerjakannya sekarang, tim Bintang.com mendapat kesempatan bincang-bincang dengan Tiwi terkait project terbarunya sebagai solois. Berikut ini petikan wawancara Dreses Putranama dan fotografer Febio Hernanto saat Tiwi berkunjung ke kantor Bintang.com di Jalan RP Soeroso no. 18, Jakarta Pusat pada 22 Januari 2016 kemarin.

Mulai Bersolo Karir, Tiwi Mulai Tinggalkan T2?

Tiwi bercerita bagaimana dia akhirnya memutuskan untuk menjadi penyanyi solo. Setidaknya sudah ada 2 single dan 1 single kolaborasi yang membuatnya mantap untuk terjun sebagai solois. Rekan Tika di grup T2 ini bercerita bagaimana dia akhirnya memutuskan untuk kembali ke industri musik setelah cukup lama tak terdengar kabarnya.

 

Apa project terbaru Tiwi sekarang?

Project terbarunya aku sekarang ada single kedua judulnya 'Kamus Cinta'. Terus kemarin ada pemutaran serantak single duet aku sama Delon judulnya 'Bersama Selamanya'.

Siapa yang menciptakan lagu 'Kamus Cinta'?

Kalo single kedua judulnya kamus cinta itu ciptaan dari Erick sama Lukas dari band Save Your Day, Mereka juga yang bikin lagu 'Dia'-nya Sammy.

Siapa yang menciptakan lagu 'Kamus Cinta'?

Di lagu ini ceritanya tentang cinta. Kalo kamus itu kayak perandaian seseorang kalo kita belajar cinta itu dari dia. Bisa dari anak, tapi lebih universal sih, dari anak, suami, sahabat. Pokoknya makhluk hidup yang banyak sekali mengajarkan kita tentang cinta. Jadi cinta itu nggak susah yang dikatakan orang.

Butuh waktu berepa lama hingga lagu 'Kamus Cinta' selesai?

Penggarapannya sendiri sudah dari bulan Agustus, tapi keluarnya itu baru bulan November. Karena pas bulan Agustus masih dalam masa-masanya single pertama yang judulnya 'Jangan Bilang-bilang'.

Eksklusif Tiwi (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Kalau lagu duet sama Delon yang judulnya 'Bersama Selamanya' menceritakan tentang apa?

Yang duet sama Delon ini masih ciptaan Erick sama Lukas juga. Dari lagunya sih sebenernya romantis. Lagu cinta tentang seseorang yang ingin bersama selamanya. Kebetulan lagu ini diciptakan khusus untuk istrinya, jadi kayak hadiah pernikahan. Cuma dibikin berbeda dari video klipnya karena si sutradara pengen dibikin sebaliknya.

Sebaliknya? Maksudnya bagaimana?

Kan sekarang banyak hubungan beda agama, jadi kita coba angkat dari situ. Problematika orang yang sedang galau karena punya pasangan yang beda agama.

Di lagu 'Bersama Selamanya', penggarapannya butuh berapa lama?

Penggarapannya sih sebenarnya bareng sama 'Kamus Cinta', mulai bulan Agustus juga. Cuma ditunda karena kita lagi nunggu moment dekat Valentine untuk dirilis.

Bagaimana ceritanya hingga akhirnya bisa berduet dengan Delon?

Aku ditawarin sama label. Kebetulan aku sama Delon satu label, dan di albumnya Delon, dia itu dia pengen duet sama cewek tapi belum tau siapa. Tadi pengennya duet sama Regina cuma kebetulan Regina beda label akhirnya Tiwi yang dipilih sama Delon.

Tiwi kan biasanya bareng Tika di T2, gimana sekarang rasanya nyanyi sendiri?

Bedanya sih sekarang kalo nyanyi sendiri harus ada identitas. baru. Cuman bukan berarti aku mau melepaskan diri dari T2. Jadi biarkan itu mengalir, karena T2 kan yang membesarkan nama aku. Bedanya lebih sepi karena kalo dulu kan ada partner. Sekarang lebih bisa atur waktu juga untuk keluarga.

Eksklusif Tiwi (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Kalau Tiwi akhirnya nyanyi sendiri, bagaimana nasib T2?

Aku nggak tahu mau dilbilang bubar atau vakum. Aku sendiri juga nggak tahu. Cuman sekarang aku sama Tika sih udah nyaman sama keadaan seperti ini. Tika sendiri juga sudah punya keluarga juga, aku juga sudah punya keluarga. Sudah menemukan titik kenyamanan aja.

Sejak kapan Tiwi memutuskan untuk kembali bernyanyi setelah sebelumnya jarang terlihat?

Sejak ada tawaran sih. Sebenarnya pas ada yang nawarin nyanyi sendiri sih masih belum mau. Kan dulu maunya kalo ada tawaran pengennya bereng sama T2. Cuma kan kalo lihat semuanya sudah berubah jadi mau nggak mau aku juga harus ikut berubah. Belajar untuk bisa sendiri, belajar untuk mandiri. Karena juga kan kemarin nggak punya manajemen sama sekali. Jadi nunggu giliran sambil cari manajemen. Cari orang yang bisa bantu aku dari awal.

Kalau memang sudah ada tawaran dari dulu, kenapa sekarang baru memutuskan untuk kembali bernyanyi?

Sebenernya dari dulu sudah pengen, cuma kesempatannya baru dateng. Tahun 2014 akhir baru aku dapat kesempatan nyanyi lagi.

My Mom My Teacher

Menjadi penyanyi dan sekaligus seorang ibu bukanlah pekerjaan yang mudah bagi Tiwi. Namun apa yang dilakukannya saat ini adalah untuk mengejar passion yang ada dalam dirinya. Tiwi juga bercerita bagaimana dia mendapatkan mentor dan guru vokal lewat ibunda tercinta. Bahkan tanpa ragu Tiwi menyatakan sang ibu sebagai guru yang mengajarinya dunia seni. "My Mom My Teacher".

 

Sebagai seorang ibu, bagaimana Tiwi mengatur waktu untuk bernyanyi dan mengurus anak?

Jadi dari dulu memang punya passion nyanyi yang nggak bisa dipisahin dari aku. Semua orang tahu, sampai suamiku pun juga tahu. Cuma kan seorang ibu kalo udah punya anak, aku pribadi kayak nggak tega lihat dia sekecil itu harus sering ditinggal. Kan Tika juga waktu itu keluar single dan album. Aku akhirnya ngurus anak dulu sampai ASI eksklusifnya lepas. Pas umur 8 bulan ada tawaran nyanyi dan akhirnya aku ambil sekaligus aku latihan vokal aku lagi. Aku mulai bangun kepercayaan diri aku lagi. Dari situ memang belajar dan latihan lagi sampai sekarang.

Bagaimana dukungan keluarga untuk Tiwi?

Kalo dukungan, suami selalu dukung aku. Malah yang nyuruh aku nyanyi kan suami. Dia bilang kalo kamu suka nyanyi jangan kamu lepas. Cuma waktu itu karena nggak pede jadi selau aku tunda. Padahal menurut dia kalo passion disitu kenapa enggak. Tapi tetep keluarga nomor satu. Menurut dia kalo aku pergi minimal bikin makanan untuk anak dulu.

Sejak kapan sih Tiwi suka sama musik?

Dari kecil suka banget dan sudah dijejali musik. Dari kecil juga sering ikut lomba lomba nyanyi dan memang sudah mendarah daging.

Siapa yang mengajarkan Tiwi bernyanyi?

Belajar nyanyi sama sama almarhum ibu. Dia memang seneng nyanyi, jadi apapun itu ibu yang ngajarin. My Mom is My Teacher. Dia guru vokal aku, mentor koreo aku. Pokoknya ibu yang mengenalkan dunia seni.

Eksklusif Tiwi (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Ada kejadian unik nggak waktu masih awal-awal nyanyi?

Pas waktu SMA lagi seneng-senengnya nge-band tapi bapak aku nggak ngasih ijin. Soalnya menurut dia aku kan masih sekolah jadi tugasnya belajar. Sampai pernah aku kabur dan waktu pulang nggak dibukain pintu. Akhirnya tidur di rumah tetangga, saking nggak mau lepas nyanyi. Hingga akhrnya ikut AFI, baru bapak mulai mengerti. Dulu sempat dilema juga karena masih kuliah waktu ikut AFI

Dengar-dengar dulu pernah jual CD 5000 rupiah?

Dulu di tahun 2007-2008 sama Tika sempat jadi duta anti pembajakan. Kita lihat ini dijual berapa sih CD nya di pinggir jalan. Ternyata dijual 6500 sampai 7000. Akhirnya kita keluarkan yang harga 5000 tapi ini original. Banyak yang beli sih, cuma karena bergeraknya kurang meluas tetap aja kita kalah.

Berbicara pembajakan apa pendapat Tiwi tentan pembajakan? khususnya di musik?

Menurut aku yang namanya pembajakan memang nggak bisa hilang. Kalo di undang-undang penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, tapi memang penjajahan di dunia musik seperti pembajakan dan semacamnya sangat susah. Apalagi dulu kalo seniman agak kurang begitu direspon. Alhamdulillah kemarin sempat baca berita kalo pembajakan beberapa di Glodok sudah dihancurkan. Dari pihak yang berwajib juga mulai ada peraturan untuk itu semua.

Untuk melawan pembajakan, apa yang Tiwi lakukan?

Minimal dari diri sendiri dulu sih. Usahakan jangan beli yang bajakan. Apalagi sekarang lagi ngetren dunia digital. Kan sekarang banyak sekali situs pembajakan lagu yang ditutup. Mudah-mudahan sekarang, meskipun mahal orang bisa menghargai karya siapapun. Mudah-mudahan tetap berjalan seperti sebagaimana mestinya. Semoga musik Indonesia bangkit lagi.

Eksklusif Tiwi (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Siapa penyanyi atau musisi idola Tiwi?

Dulu tuh seneng sama Eno Lerian. Pas ketemu dia aku bilang ke dia aku sering pake lagunya untuk lomba-lomba. Kalo sekarang aku suka karya-karyanya Yovie Widianto, terus Geisha aku juga suka. Kalo musisi luar aku suka Pixie Lott, terus aku suka Meghan Trainor, Taylor swift sama katy perry.

Kalau dilihat dari musisi yang Tiwi suka, apa Tiwi cuma suka lagu-lagu pop?

Semua jenis musik aku suka. Jadi nggak ada yang fanatik sama salah satu, dangdut aja aku suka. Aku nggak pernah membatasi suka musik apa.

Ke depannya, apa langkah Tiwi untuk eksis di industri musik?

Pengennya rilis album, rencananya sih kayaknya ada mini album. Tapi masih belum tahu karena belum ada pembicaraan ke arah situ. Sekarang jalanin aja dulu.

Apa kedepannya bakal tetep mempertahankan lagu cinta-cintaan?

Kalo di Indonesia harus tetep cinta-cintaan. Masih tetep di jalur pop karena aku anak pop banget, tapi lebih ke swing pop kalo sekarang. Dulu kalo di T2 bener-bener pop yang remaja banget. Kalo sekarang memang agak lebih santai tapi masih tetap di jalur pop.

Keputusan Tiwi untuk menjadi penyanyi tak lepas dari tawaran yang ia dapatkan. Selain itu passion bermusik yang dimilikinya juga membuat dirinya memutuskan untuk menjadi solois. Apakah Tiwi akan meraih kesuksesan seperti ketika masih bersama T2? Hanya waktu yang bisa membuktikan bagaimana sepak terjang pemilik nama lengkap Prastiwi Dwiarti di industri musik Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading