Sukses

Entertainment

Film 90-an, Dede Yusuf Antara Politik, Si Boy dan Aktor Laga

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir ini nama Dede Yusuf mungkin lebih dikenal sebagai seorang politikus. Namun di era 90-an ia termasuk bintang film dan sinetron ternama di negeri ini. Bakat akting pemilik nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi ini menurun dari ibunya, aktris Rahayu Effendi.

Sedangkan ayah Dede, Tammy Effendi dikenal sebagai seorang seniman. Di dunia hiburan, Dede dikenal sebagai salah satu aktor laga terbaik Indonesia. Namun namanya justru mulai dikenal setelah bermain film drama-komedi Catatan si Boy di tahun 1987. Meski hanya berperan sebagai sahabat Boy bernama Andi alias Kendi, kesuksesan film tersebut membuat namanya ikut terangkat.

Dede Yusuf (Galih W. Satria/bintang.com)

Dede sendiri mendapat peran di film arahan Nasri Cheppy itu setelah laris tampil sebagai model. Pria berbadan atletis kelahiran Jakarta, 14 September 1966 ini kemudian kembali bermain di Catatan si Boy 2 (1989). Tak hanya di layar lebar, Dede Yusuf juga dikenal sebagai bintang sinetron. Ia pernah membintangi serial Jendela Rumah Kita yang tayang di tahun 1988 sampai 1992.

Perannya sebagai Jojo, membuat nama Dede semakin melambung bahkan sempat diidentikkan dengan nama Jojo. Saat perfilman Indonesia lesu, Dede semakin eksis di layar kaca. Ia pun bisa menyalurkan keinginannya menjadi aktor laga dengan bermain di sinetron Jalan Membara dan Jalan Makin Membara yang tayang di SCTV. Maklum saja, Dede memang menggeluti berbagai olahraga bela diri sejak kecil.

Dede Yusuf di film Catatan si Boy | via: youtube

Yang paling ditekuninya adalah taekwondo dan bahkan sempat menjadi juara nasional dan mewakili Indonesia di berbagai kejuaraan. Ia pun sudah lama bertekad menjadi bintang laga seperti Bruce Lee, Chuck Norris dan Arnold Schwarzenegger. Dede pernah juga tampil sebagai figuran di film-film laga yang dibintangi Barry Prima, Advent Bangun dan George Rudy.

Selain dikenal sebagai aktor, Dede juga dikenal sebagai presenter, produser dan sutradara handal. Bahkan Piala Vidia Madya-FFI 1994 pernah dikoleksinya dari cerita serial Sepeda Anak Pak Uztad yang disutradarainya. Dede juga membintangi dan menyutradarai film Reinkarnasi (2000). Film tersebut berhasil meraih pernghargaan sebagai Film Laga Terpuji Festival Film Bandung 2000.

Dede Yusuf di flm Jagoan Instan. foto: dok. starvision

Sedangkan di bidang presenter, Dede Yusuf pernah menjadi pembawa acara kuis Tak-Tik Boom di tahun 1992 sampai 1998. Pria yang laris menjadi bintang iklan ini juga terjun ke dunia politik. Dede ternyata serius berkiprah di politik dan absen dari dunia hiburan. Ia pun sempat menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat di periode 2008-2013. Saat menjabat, Dede pernah menjadi cameo di film The Tarix Jabrix 2.

Saat ini Dede masih menjabat sebagai anggota DPR tapi belum meninggalkan dunia hiburan. Terakhir, ia bermain film Jagoan Instan yang dirilis di awal tahun ini. Akting Dede Yusuf di fim tersebut setidaknya bisa mengobati kerinduan para penggemarnya pada idola mereka seperti di era 90-an dulu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading