Sukses

Entertainment

Lestarikan Budaya Betawi, Zee Zee Shahab Gak Takut Dibilang Jadul

Fimela.com, Jakarta Lekatnya budaya Betawi di sosok artis Zee Zee Shahab tampaknya memang cukup kental. Dilahirkan di tengah lingkungan yang kuat akan budaya warga asli Jakarta tersebut membuat Zee Zee Shahab merasa bertanggung jawab untuk menjaga serta melestarikan budaya leluhurnya.

Tidak hanya sekedar omongan, kecintaan wanita 28 tahun terhadap budaya Betawi dibuktikan dengan mengambil jurusan seni budaya betawi untuk pendidikan S2-nya. Zee Zee bermaksud nantinya bisa lebih memperkenalkan budaya Betawi ke cakupan yang lebih luas lagi.

Zee Zee Shahab. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Tujuannya untuk melestarikan budaya Betawi. Aku pengen blow up budaya Betawi. Aku lahir di lingkungan Betawi, dari kecil udah dicekokin budaya Betawi jadi udah Betawi banget dah. Brojolnya dari Betawi banget dah," ungkap Zee Zee Shahab dengan logat Betawinya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2016).

Di samping itu, satu tujuan lain ibu satu orang anak itu berkeinginan mengangkat budaya Betawi adalah untuk memberikan contoh pada generasi muda agar tidak lupa dengan budaya leluhur. Menurutnya, di tengah modernisasi yang berkembang pesat, budaya leluhur masih harus tetap dijaga sebagai salah satu identitas bangsa yang perlu dilestarikan.

"So far banyak supportnya. Ada yang bilang 'Kok mau sih, disaat orang modern kamu kembali ke jadul'. Itu seninya gimana menyadarkan anak muda betapa berharganya budaya Indonesia," papar Zee Zee.

Zee Zee Shahab. (Adrian Putra/Bintang.com)

Untuk itu, satu langkah yang akan diambil Zee Zee untuk melestarikan budaya Betawi adalah dengan berencana membentuk sebuah komunitas yang mengumpulkan anak-anak muda yang satu visi dengannya.

"Aku mau bikin komunitas sih, komunitas anak muda cinta betawi. Setiap Mei (HUT DKI Jakarta), aku mau bikin pagelaran betawi yang dicombain dengan budaya modern," jelas Zee Zee Shahab.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading