Sukses

Entertainment

5 Aktor yang Dikenal Luas Berkat Sinetron Ramadan

Fimela.com, Jakarta Saat bulan Ramadan tiba, hampir semua stasiun televisi nasional berlomba-lomba dalam menyajikan tayangan yang mengangkat nilai Islami. Salah satu contohnya adalah sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) yang ditayangkan di SCTV.

Para aktor yang sudah 'spesialis' di bidangnya pun kembali mewarnai layar kaca lewat akting di sinetron yang terkadang sudah menjadi 'langganannya'. Ada yang namanya makin dikenal luas setelah tampil bagus atau sinetron yang dibintanginya disukai banyak pemirsa.

Sinetron PPT misalnya. Sinetron ini sudah bertahan selama satu dekade atau 10 tahun lamanya dalam menemani pemirsa setia SCTV di bulan Ramadan. Sinetron produksi Demi Gisela Citra Sinema itu nyaris tak pernah absen dalam menghadirkan pemain baru yang kemudian melejit namanya.

Kalau Deddy Mizwar sudah dikenal luas sebelum bermain di PPT, ada sejumlah aktor yang namanya melejit setelah bermain di sinetron tersebut. Selain di PPT, ada juga beberapa aktor yang pamornya menanjak setelah ta tampil di sejumlah sinetron religi yang tayang di bulan Ramadan. Siapa saja mereka?

Trio Bajaj

Solidnya grup trio Bajaj, Melki, Aden dan Isa bukan hanya dalam urusan tampil di atas panggung. (via Instagram/Aden)

Beranggotan Aden, Melky dan Isa, trio lawak ini juga selalu setia hadir menemani waktu sahur pemirsa setia SCTV lewat aktingnya di sinetron Para Pencari Tuhan. Meski menjuarai lomba lawak yang diadakan sebuah stasiun televisi swasta, nama Bajaj baru dikenal luas setelah bermain di sinetron PPT. Bahkan nama mereka di PPT yaitu Chelsea, Barong dan Juki lebih dikenal dan kerap disangka sebagai nama asli mereka.

Selain bulan Ramadan, ketiganya diketahui tak main sinetron. Trio Bajaj hanya tampil di sebuah variety show permainan dan beberapa program di luar sinetron di sebuah stasiun televisi swasta saja. Mereka benar-benar setia pada PPT yang sudah berjasa membesarkan nama Trio Bajaj. Saat PPT memasuki jilid ke-10 di tahun ini, Trio Bajaj pun masih ikut bermain.

Agus Kuncoro

Agus Kuncoro (Galih W. Satria/bintang.com)

Salah satu pemain setia di PPT dan masih ikut bermain di jilid ke-10 adalah Agus Kuncoro. Hampir sama seperti Trio Bajaj, Agus sudah sering bermain sinetron dan film sebelum bermain di PPT. Namun harus diakui, namanya terdongkrak dan akting cemerlangnya baru dilirik banyak orang setelah berperan sebagai Azzam di PPT.

Kesuksesan PPT ‘menular’ pada diri Agus. Tawaran bermain sinetron dan terutama film seperti tak pernah sepi. Ia menjadi salah satu pemain favorit Hanung Bramantyo. Saat karirnya makin menjulang, Agus Kuncoro tak pernah melupakan PPT dan masih setia bermain sampai saat ini.

Dicky Wahyudi

Dicky Wahyudi Pasangan Terbaik Krisdayanti di Layar Kaca.  (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Aktor senior ini memang sudah jarang tampil di layar kaca. Namun kalau membahas tentang sinetron Ramadan, tak bisa dilepaskan dari nama Dicky Wahyudi. Namanya selalu identik dengan perannya sebagai Andhika di Doaku Harapanku yang ditayangkan di RCTI pada bulan Ramadhan 1998. Andika merupakan suami dari Anisa (Krisdayanti/KD).

Anisa memiliki suami bernama Andika yang sangat mencintainya. Namun ibu tiri Andika, Lela (Leily Sagita), justru membenci dan memusuhi Anisa. Sinetron produksi Multivision Plus ini dibuatkan lanjutannya, Doaku Harapanku 2 yang tayang di bulan Ramadhan 1999. Keberhasilan sinetron tersebut membuat Dicky dan KD menjadi ikon pasangan Islami selama dua tahun berturut-turut. Dicky juga akan selalu diingat sebagai pasangan terbaik Krisdayanti di layar kaca.

Ramzi

Ramzi di Preskon La Academia 2 (Wimbarsana/bintang.com)

Kesuksesan sinetron Doaku Harapanku sebagai pelopor sinetron Ramadan, membuat banyak bermunculan sinetron religi yang menampilkan seorang wanita sebagai tokoh utamanya. Terobosan baru dibuat oleh Titipan Ilahi (2004) yang menampilkan trio Anjasmara, Primus Yustisio dan Ramzi sebagai tokoh utama.

Lewat sinetron inilah nama Ramzi mulai mengemuka. Bermain bersama aktor yang lebih senior dan punya pamor seperti Anjas dan Primus, Ramzi tidak grogi bahkan mampu tampil menonjol lewat aktingnya yang lepas. Berkat sinetron Titipan Ilahi, nama Ramzi pun meroket sampai saat ini. Selain bermain sinetron, Ramzi juga bermain di sejumlah film dan belakangan ini makin dikenal luas sebagai presenter.

Andre Taulany

Andre Taulany di Sinetron Kiamat Sudah Dekat. Foto: Vidio

Di tengah banyaknya sinetron Ramadan yang menyuguhkan tema mistik, Kiamat Sudah Dekat (KSD) yang diadaptasi dari film berjudul sama dan tayang pada tahun 2005 ini seperti sebuah obat. Berbeda dengan sinetron lain yang selalu memasang nama-nama besar, KSD yang merupakan buah pemikiran Deddy Mzwar ini justru memajang nama-nama baru.

Saat itu Andre Taulany yang masih menjadi vokalis band Stinky belum sepopuler seperti saat ini. Dengan peran wanita yang diganti dari Ayu Pertiwi (versi layar lebar) menjadi Zaskia Adya Mecca, justru membuat KSD lebih segar. KSD memberikan pelajaran Islami yang sederhana dan apa adanya.

Ada nuansa komedi yang kental tapi tetap bermakna dan menghibur. Sinetron yang tayang ini pun melejitkan nama para pemainnya, termasuk Andre. Meski tak bermain lagi di sinetron Ramadan, nama Andre sekarang lebih dikenal sebagai komedian dan pembawa acara. Andre Taulany pun hampir tak pernah absen mengisi program Ramadan melalui acara komedi maupun talk show.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading