Sukses

Entertainment

Rokok Dianggap Jadi Penyebab Meninggalnya January Christy

Fimela.com, Jakarta Penyanyi jazz era 80-an, January Christy baru saja tutup usia pada Jumat (16/9/2016) dini hari. Meninggal karena penyakit yang menyerang paru-paru dan sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit di daerah Bandung, Uken, sapaan akrab January Christy memang diketahui sebagai perokok yang aktif semasa hidupnya.

Kegemaran January Christy menghisap rokok memang sudah lama diketahui salah satu sahabatnya dalam bermusik, Erwin Gutawa. Erwin menuturkan, sejak bekerja bersama dalam penggarapan album pertamanya, Uken memang seorang perokok aktif. Itu pula yang diduga menjadi penyebab meninggalnya January Christy.

Pemakaman Alm. Januari Christy (Adrian Putra/bintang.com)

"Saya enggak terlalu tau sakitnya, tapi saya ngobrol katanya paru-paru. Sejak awal juga dia perokok berat dan peminum kopi yang aktif," ungkap Erwin Gutawa di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat (16/9/2016).

Pernyataan senada juga dikatakan sahabat January Christy yang lain, Connie Constantia. Menurutnya, penyakit paru-paru yang merenggut nyawa sahabatnya tersebut kuat diduga lantaran kebiasaan merokok Uken yang sulit dihilangkan.

"Enggak begitu jelas ya (penyakitnya). Tapi keluarga menjelaskan kalau benar ada komplikasi paru-paru," tutur Connie di sekitar makam January Christy.

Connie Constantia melihat sosok January Christy adalah memiliki sifat hambel. Bahkan ia melihat tidak pernah berubah meski pernah mengalami masa keemasannya. (Adrian Putra/Bintang.com)

Memang, seperti pernyataan pihak keluarga, Riza selaku adik kandung dari January Christy memang membenarkan masalah paru-paru menjadi penyebab utama kakaknya meninggal dunia. Bahkan sebelum meninggal, January Christy sempat beberapa kali mendapatkan perawatan hampir dua bulan lantaran penyakitnya tersebut.

"Dia penyakitnya paru-paru. Terakhir dirawat itu sudah dua bulan sampai sekarang (meninggal dunia)," ucap Riza Wiradisuria.

January Christy sendiri meninggal dalam usia 58 tahun di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Jenazah dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan setelah sebelumnya disemayamkan di rumah keluarganya di perumahan Astya Puri, Ciputat, Tangerang Selatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading