Sukses

Entertainment

Editor Says: Spirit Ria Irawan Melakoni Hidup

Fimela.com, Jakarta Hari itu Ria Irawan tampak ceria saat akan melakoni pemotretan khusus dengan Bintang.com. Sesuai janji jam 14.00 WIB kami berkumpul di kediamannya yang asri di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ia bersama suaminya; Mayky Wongkar terlihat bersemangat melakoni pemotretan dengan tiga kostum yang berbeda.

Sebenarnya pemotretan dengan Aktris Terbaik Festival Film Asia Pasifik 2003 itu mulanya direncanakan Sabtu, 24 Desember 2016. Namun karena berbagai pertimbangan akhirnya direncanakan ulang pada hari yang lain.

Pernikahan Ria Irawan dan Mayky Wongkar dilakukan secara sederhana. (Fotografer: Bambang E. Ros, DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

"Kalau gue sih oke aja, namun takutnya Mayky yang kurang fit. Soalnya dia capek banget menerima tamu sampai malam (tamu yang datang untuk menyampaikan  selamat setelah mereka menikah memang terus mengalir sepanjang hari). Daripada motretnya kurang maksimal lebih baik di-reschedulle aja. Pilihannya boleh hari Minggu, 25 Desember 2016. Atau hari Senin, 26 Desember 2016 pas sebelum gue akan kemoterapi di RSCM. Jadi sebelum kemo kita motret dulu," begitu Ria menawarkan solusi untuk pemotretan yang tertunda itu.

Setelah bernegosiasi akhirnya kami menyepakati pemotretan dilakukan pada hari Minggu 25 Desember 2016 di kediaman Ria. Waktu yang disepaki adalah selepas tengah hari. 

Pada jam yang telah disepakati bersama, kami sudah tiba di rumah. Dan, Ria ternyata bukan hanya mengurus dirinya sendiri. Sebelum melakoni sesi pemotretan ia menyempatkan diri menyambangi sejawatnya; bintang sinetron Yana  Zein yang dirawat di RS. Siloam, Jakarta Selatan. Tak cukup sampai di situ, ia juga menyebarkan kabar soal sakitnya Yana Zein ke berbagai media sosial dan rekan-rekan agar bisa memberikan bantuan jika bersedia.

Selain meraih penghargaan di Tanah Air, namanya juga pernah menyabet penghargaan dikencah internasional. Ria meraih The Best Actress dalam ajang Festival Film Asia Pasific di Iran pada 2003 lewat film 'Biola Tak Berdawai'. (Febio Hernanto/Bintang.com)

Bicara soal energi tak perlu ditanya, Ria yang sudah mengidap cancer itu tampak seperti orang yang tak mengidap penyakit mematikan itu. Padahal ia masih terus melakoni sesi terapi untuk mengatasi canser-nya.

Sudah tujuh bulan terakhir ia intensif melakoni terapi medis di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Dalam 7 bulan dia sudah melakoni 6 kali kemo, 25 kali radiasi dan 1 kali operasi. Kini ada satu hal yang membuat dia makin bersemangat melakoni kemoterapi. Soalnya dia ditemani oleh suaminya. Selama ini Mayky sebenarnya sudah menemani Ria, namun sebelumnya statusnya hanya sebagai asisten pribadi. Tampaknya hal ini membuat Ria makin bersemangat.

Suami Baru Semangat Baru

Ria Irawan memang sosok yang periang. Gelak-tawa selalu menyertai obrolan dengan perempuan yang sudah malang-melintang melakoni di dunia entertainmen ini. Apa adanya, mungkin itu kata-kata yang pas untuk menerangkan soal sosoknya saat melakukan komunikasi dan kerja bareng dengan rekan kerja. Pendeknya tak ada istilah sepi kalau sudah berhadapan dengan perempuan yang satu ini.

Sesaat sebelum sesi pertama pemotretan  pun ia sudah melontarkan joke yang membuat kami tergelak. "Wah dejavu ni," begitu celetuk Ria sesaat keluar dari bilik pribadinya dengan kemeja berbahan jeans warna biru. Ada apa dengan kemeja berhan jeans itu? Ternyata itu adalah kemeja yang pernah ia beli saat masih bersuamikan Yuma, suami pertamanya.

Ria Irawan adalah sosok yang profesional dalam melakoni pekerjaannya. (Fotografer: Febio Hernanto, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Kontan, gelak tawa pun berderai setelah Ria mengungkap sejarah dibalik kemeja yang ia kenakan. Bayangkan saja kemeja yang dibeli bertahun-tahun lampau saat masih bersuami dengan Yuma, akan ia kenakan untuk pemotretan dengan suaminya kini; Mayky Wongkar. Itulah Ria, rasa humornya begitu tinggi dan mampu mencairkan suasana. Joke yang ia lontarkan pun apa adanya.

Hari itu Ria dan Mayky melakoni pemotretan dengan tiga kostum yang berbeda berlalu tanpa terasa. Meski melakoni masa yang tak sebentar namun Ria seperti tak pernah kehabisan energi. Seperti yang ia kemukakan sebelumnya, dia akan selalu profesional saat melakoni pekerjaan. Termasuk sesi pemotretan dengan Bintang.com kali ini.

Pertanyaannya apakah semangat yang tinggi ini karena ia kini sudah punya suami baru? Bisa jadi. Soalnya seorang Mayky yang selama ini hanya sebagai asisten pribadi, statusnya sudah meningkat menjadi suami. Ia pun tambah bersemangat ketika akan melakoni sesi kemoterapi lanjutan. Meski sama-sama ditemani Mayky tetapi kini status Mayky tak lagi sebagai asisten pribadi. Tapi sudah menjadi suami, sudah menjadi belahan jiwa.

Perki ke KUA utuk menikah dengan naik motor, enggak masalahbagi Ria Irawan. (Adrian Putra/Bintang.com)

Ada hal yang bisa dipelajari dari seorang Ria Irawan adalah semangatnya menghadapi penyakit yang mematikan dengan melakoni hidup dengan enjoy. Selain tertib menjalani pengobatan dan saran-saran yang dianjurkan oleh dokter, ia juga tak pernah gengsi, walau pun dia seorang artis ternama. Ia melakoni hidup dengan apa adanya. Berobat dengan biaya dari BPJS bukan masalah baginya, malah dia amat berterima kasih karena amat terbantu dengan program ini.

Itulah Ria Irawan, tetap optimis melakoni hidup meski penyakit mematikan sudah menggerogoti raganya. Penyakit yang menyerang seperti tak menghalanginya untuk tetap optimis menyambut masa depan. Buktinya ia menikah lagi. Dan bersama Mayky Wongkar, Ria akan bertolak ke tanah suci untuk menunaikan ibadah umroh di awal tahun 2017. Usai umroh  mereka melanjutkan trip ke Mesir. Wow, selamat.

 

 

 

 

Edy Suherli,

Wakil Redaktur Pelaksana Bintang.com

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading