Sukses

Entertainment

Membedah Stereotip Tubuh Wanita Lewat Karya

Fimela.com, Jakarta Kata Bob Marley, no Woman no cry. Atau menurut The Changcuters, wanita racun dunia. Banyak musisi yang mengungkap visi dan apresiasi mereka terkait pengaruh wanita

Jika ditanya peran wanita sebesar apa, mungkin bisa dilihat dari adanya Hari Wanita Internasional yang diperingati setiap 8 Maret. Pada dasarnya pria dan wanita punya pengaruh yang sama besar di kehidupan ini. Meski pada aplikasinya hal itu belum sepenuhnya terwujud.

Wanita dan stereotip tentangnya

Tak perlu jauh-jauh berpikir tentang kedudukan dan kompleksitas pengaruh wanita. Kali ini pembahasan kita fokuskan kepada persepsi tentang wanita melalui sebuah karya.

Kartika dari Tika and The Dissidents memiliki cara pandang tersendiri dalam membahas tubuh wanita. Lewat single Tubuhku Otoritasku, ia ingin menunjukkan kekuatan wanita yang selama ini eksistensinya masih terinjak-injak.

Kasus pelecehan terhadap wanita, baik verbal maupun fisik masih terus terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Tak jarang kasus pemerkosaan juga berakhir tak adil bagi sang wanita yang kehormatannya telah direnggut.

Tubuhku Otoritasku latang meneriakkan, bahwa wanita punya kuasa penuh atas tubuhnya. Para wanita sepertinya sudah muak dengan berbagai stereotip dan perlakukan tidak adil yang selama ini mereka hadapi.

Tentu saja Tubuhku Otoritasku bakal bersinggungan dengan sejumlah kalangan. Tak sedikit komentar sinis yang terlontar, tapi setiap orang rasanya berhak menyampaikan karya dengan sejujur-jujurnya, sesuai visi masing-masing.

Di ranah yang lebih mainstream juga sudah kita jumpai lagu-lagu ternama yang mengangkat sisi feminisme. Sebut saja Meghan Trainor dengan All About That Bass hingga Beuatiful milik Christina Aguilera.

Kini orang semakin bebas berpendapat, apalagi dengan bantuan social media sebagai pengeras suara zaman modern. Di luar lagu-lagu di atas, tentu masih banyak penyampaian ide yang dituangkan melalui karya. Wanita harus bersuara. Tidak. Kita harus bertindak untuk mematahkan stereotip yang memposisikan wanita rendah dan tak semestinya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading