Sukses

Entertainment

Pendapat Sahabat Tentang Kisruh Prosesi Pemakaman Yana Zein

Fimela.com, Jakarta Perdebatan tentang prosesi pemakaman yang pantan untuk aktris peran Yana Zein sempat terjadi di rumah duka Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Perdebatan sendiri terjadi antara Swetlana Zein, ibu dari Yana Zein yang ingin memakamkan anaknya secara nasrani, dengan Nurzaman Zein, ayah kandung Yana Zein yang menuntut anaknya dimakamkan secara Islam.

Perdebatan yang cukup alot akhirnya bermuara dengan keputusan jika Yana Zein akan dimakamkan secara islam di TPU kawasan Cinere. Lantas, apa sebenarnya agama yang dipeluk Yana Zein semasa hidup?

Berdasarkan keterangan Jessie, salah satu sahabat Yana Zein, saat sedang sakit, Yana Zein diketahui memeluk agama Islam. Hal tersebut tampak dari cara berdoa almarhumah yang mengikuti tata cara seorang muslim. "Aku jenguk juga dia doa kok, istigfar. Dia mau ke Cina juga istigfar," tutur Jessie, Jumat (2/6/2017).

Meski demikian, Jessie pun mengaku tidak tahu menahu mengapa mengenai pemilihan prosesi pemakaman secara nasrani untuk sahabatnya itu. Menurut Jessie, hal tersebut mutlak merupakan pilihan ibunda Yana Zein yang memang beragama Nasrani. "Aku tanya, 'Tante (sebutan untuk ibu Yana Zein) dimakamin secara apa? Ikut saya'. Yang urus kan keluarga, kita kan teman-teman," tandas Jessie.

Ayahanda Yana Zein, Nurzaman Zein, di rumah duka. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Memang, berdasarkan pantauan Bintang.com yang berada di rumah duka, jenazah Yana Zein diperlakukan layaknya prosesi jelang pemakaman umat Kristiani. Hal tersebut tampak dari lantunan puji-pujian yang sempat dinyanyikan oleh seorang pendeta di depan peti jenazah Yana.

Namun, hal tersebut berubah saat Nurzaman Zein, ayah kandung Yana Zein datang ke rumah duka. Membawa serta beberapa anggota kerabatnya, Nurzaman pun lantas melantunkan ayat-ayat Al Quran seperti bacaan Yasin di depan jenazah sang anak. Setelah itu, sempat terjadi perdebatan antara dua belah pihak sebelum akhirnya sepakat untuk memakamkan Yana Zein secara islam di TPU kawasan Cinere, Depok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading