Sukses

Entertainment

Film 90-an, Derry Sudarisman Pelawak yang Eksis Jadi Pesinetron

Fimela.com, Jakarta Nama Derry Sudarisman dikenal lewat sejumlah sinetron seperti Tukang Bubur Naik Haji The Series dan Orang-Orang Kampung Duku. Namun Derry sendiri sudah eksis di dunia hiburan sejak era 90-an. Pria kelahiran Lampung, 22 Mei 1966 ini mengawali kipahnya sebagai pelawak. Ia tergabung dalam grup lawan Gideon Grup yang cukup dikenal di akhir 80-an dan awal 90-an.

Nama Gideon sendiri berasal dari singkatan nama pendirinya yakni Ginanjar, Derry dan Sion. Ketiganya merupakan anggota asli dan pendiri grup lawak ini pada awal berdirinya di akhir 80-an. Anggota lainnya adalah Jimmy yang kemudian lebih dikenal sebagai Jimmy Gideon. Namun di pertengahan 90-an Ginanjar dan Derry keluar dari Gideon dan mendirikan kelompok Empat Sekawan bersama Eman dan Qomar.

Sejak itu nama Derry pun lebih dikenal sebagai Derry 4 Sekawan. Bersama Empat Sekawan, pamor Derry makin dan personil lainnya makin melejit.  Sinetron ini dirilis usai sinetron Gara-Gara sukses digarap dengan konsep humor ala film Warkop DKI tapi tidak menggunakan bintang Warkop DKI. Kehadiran sinetron Lika Liku Laki-Laki adalah bagian dari serial komedi Indonesia di era 90-an.

Ini karena Empat Sekawan sering melakukan improvisasi yang membuat penonton tertawa. Pamor pelawak pun semakin menanjak karena mereka ternyata juga ada yang bisa berakting dengan baik. Aksi kocak Empat Sekawan juga didukung aktris Ria Irawan yang berperan sebagai tukang jamu. Akting Ria yang jempolan ternyata bisa mengimbangi kelucuan Derry cs dan membuat sinetron komedi ini jadi lebih berwarna.

Sinetron Tukang Bubur Naik Haji (TBNH) saat ini sudah memasuki episode ke 1700. Kekeluargaan menjadi satu hal yang begitu terjalin antara pemain dan semua yang terlibat dalam proses produksi. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Diisi oleh Empat Sekawan, Eman, Derry, Qomar dan Ginanjar, 'Lika Liku Laki-Laki' menceritakan bagaimana empat pria itu menjalani kehidupan sehari-hari dan menyelesaikan masalah di dalamnya yang mengundang gelak tawa. Namun setelah pamor mereka menanjak, para personil Empat Sekawan mengambil jalan mereka masing-masing.

Eman dan Dery mencoba eksis di bidang akting, Ginanjar tetap melawak sedangkan Qomar terjun ke dunia politik dan kemudian menjadi anggota DPR. Sayangnya, Derry sempat tersandung narkoba sehingga pernah merasakan dinginnya tembok penjara. Untungnya ayah dari tiga anak dan istri dari Dede Yayang ini tak terpuruk dan mengambil pelajaran dari kesalahan yang pernah dilakukannya.

Derry Sudarisman dan Dede Yayang (Dok. Keluarga)

Nama Derry kemudian berkibar di layar kaca, terutama setelah ikut bermain di sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series yang diproduksi Sinemart. Derry pun tetap bermain sampai salah satu sinetron dengan episode terpanjang itu mata di awal tahun ini. Setelah Sinemart ‘hijrah’ ke SCTV, Derry Sudarisman bermain di sinetron Orang-Orang Kampung Duku.

Yang terbaru, Derry bermain di Tikus dan Kucing yang juga dibintangi Marshanda dan Baim Wong. Mengawali karir sebagai pelawak, Derry Sudarisman kini tiap hari tampil di layar kaca sebagai pemain sinetron. Derry pun membuktikan pamornya yang sudah benderang sejak era 90-an masih belum pudar bahkan tetap bersinar terang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading