Sukses

Entertainment

Film 90-an, Kenneth Branagh dari Karya Shakespeare ke Dunkirk

Fimela.com, Jakarta Film yang sedang jadi box office atau terlaris saat ini adalah Dunkirk. Salah seorang pemainnya adalah Kenneth Branagh, aktor senior yang angkat nama di era 90-an. Bukan hanya sebagai aktor, Branagh juga menjalani profesi sebagai sutradara dan penulis skenario.

Inggris sudah dikenal melahirkan banyak bintang dan sineas berbakat.  Tapi bukan hanya Inggris, negara serumpun mereka yaitu Irlandia Utara juga punya aktor dan sineas berbakat dan mendunia yaitu Kenneth Branagh.

Pria kelahiran Belfast, 10 Desember 1960 ini memang sudah berkiprah di dunia hiburan, terutama teater dan akting, sejak awal 80-an. Namun namanya baru dikenal luas memasuki era 90-an.

Berkat keahliannya mengadaptasi karya sastrawan/dramawan legendaris dari Inggris, William Shakespeare, Branagh memantapkan namanya di perfilman dunia. Kenneth Branagh mengawalinya dengan film Henry V (1989) dimana ia jadi pemeran utama sekaligus sutradara film tersebut.

Tom Hiddleston dan Chris Hemsworth di film Thor. foto: screen rant

Hasilnya, Henry V mendapat banyak pujian, meraih satu piala di ajang Oscar 1990.  Branagh sendiri masuk nominasi di dua kategori sekaligus, Aktor Terbaik dan Sutradara Terbaik. Henry V bahkan mendapat rating 100 persen dari situs Rotten Tomatoes, sebuah pencapaian yang langka dan hanya diraih sedikit film!

Sejak itu, Branagh beberapa kali mengadaptasi karya Shakespeare ke layar lebar.  Diantaranya adalah Much Ado About Nothing, Othello, Hamlet dan Love’s Labour’s Lost.

Sukses Sebagai Aktor dan Sutradara

Di film Hamlet, Branagh kembali meraih nominasi Oscar untuk kategori Skenario Adaptasi Terbaik. Tak hanya karya Shakespeare, Kenneth Branagh juga bermain di sejumlah film dengan beragam genre, seperti film drama karya Woody Allen, Celebrity (1998) dan Wild Wild West (19990, film action-komedi yang dibintanginya bersama Will Smith.

Ia juga pernah menyutradarai film pertama Thor (2011) yang sukses dan kemudian dibuatkan dua sekuelnya oleh Marvel. Mantan suami aktris Emma Thompson pernah tampil di film Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002), sebagai Gilderoy Lockhart, guru pertahanan terhadap Ilmu Hitam yang suka tebar pesona.

Kenneth Branagh, sutadara film pertama Thor, berbicara mengenai pengalamannya bekerja dengan Marvel Studios sambil membahas Thor: Ragnarok.

Pria yang memperoleh gelar bangsawan ‘Sir’ ini kembali masuk nominasi Oscar lewat film My Week with Marilyn (2011) di kategori Aktor Pendukung Terbaik. Film-film yang pernah dibintanginya antara lain adalah, Conspiracy, Warm Springs, Valkyrie serta sejumlah film dan serial televisi.

Di tahun ini, Kenneth Branagh tampil di film Dunkirk yang disutradarai Christopher Nolan dan juga dibintangi Tom Hardy serta Harry Styles. Ia juga kembali jadi pemain utama sekaligus sutradara di film Murder on the Orient Express.

Cuplikan film Dunkirk (IMDb/Warner Bros)

Film remake yang diadaptasi dari novel karya Agatha Christie ini akan dirilis pada November mendatang.  Di usia 56 tahun, suami dari Lindsay Brunnock ini masih aktif berkarya dan eksis di perfilman Hollywood maupun dunia. Ia termasuk sukses sebagai aktor maupun sutradara.

Dari karya-karya adaptasi William Shakespeare di era 90-an, Kenneth Branagh di tahun ini bermain di film box office, Dunkirk, dan karya terbarunya sebagai sutradara, Murder on the Orient Express.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading