Sukses

Entertainment

Editor Says: Ayu Ting Ting, Lagu India dan Plagiarisme

Fimela.com, Jakarta Musik dangdut mungkin satu-satunya produk dalam negeri yang tumbuh subur di negeri sendiri. Dari era Evie Tamala hingga Ayu Ting Ting, dangdut mengalami banyak perubahan seiring zaman.

Dangdut sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan ragam. Namun secara sederhana dangdut bisa dikategorikan menjadi dua: klasik dan kontemporer.

Sulit dipungkiri eksistensi dangdut klasik di zaman sekarang kian memudar. Orang cenderung menikmati lagu-lagu yang relevan dengan era yang kekinian. Alhasil, lagu dangdut dikemas dengan berbagai macam bentuk yang belum pernah terdengar sebelumnya.

Satu yang pasti, dangdut adalah musik segala kalangan. Dari acara hajatan kecil hingga panggung megah, musik yang satu ini seperti tidak pernah absen.

Ayu Ting Ting, dangdut dan lagu India (Adrian Putra/Bintang.com)

Bahkan dangdut pernah diasosiasikan dengan hal-hal yang cenderung vulgar. Dangdut pernah identik dengan goyangan tertentu, atau tema-tema lagu yang 'berbahaya', seperti perselingkuhan atau hal-hal tabu lainnya.

Belakangan ini nama-nama seperti Ayu Ting Ting atau Cita Citata dan Via Vallen disebut sebagai ikon dangdut musik masa kini. Khusus Ayu Ting Ting kita akan membahas lebih jauh lagi, terutama terkait dangdut dan lagu India yang kerap memiliki persamaan.

Ayu Ting Ting dan Lagu India

Beragam unsur musik dan budaya mempengaruhi terbentuknya musik dangdut. Sejak era 70 musik khas ini menyerap bebunyian dari musik India, Arab dan tradisional.

Beberapa kemiripan musik India dan dangdut membuat banyak orang menerima musik India dengan mudah. Begitu pun Ayu Ting Ting yang dikenal menggemari lagu-lagu dari negeri Bollywood.

Karena itu juga mungkin yang membuat netizen membandingkan lagu baru Ayu, Kamu Kamu Kamu dengan lagu Made In India. Ada satu part yang memang sedikit mirip, meski tidak terlalu signifikan.

Ayu Ting Ting (Adrian Putra/Bintang.com)

Menurut Bens Leo selaku pengamat musik, kemiripan lagu India dan dangdut memang wajar. Karena pada dasarnya hanya ada 7 nada yang diolah sedemikian rupa. Secara asal usul budaya pun keduanya memang berkaitan satu sama lain.

Label plagiat memang rasanya cukup berlebihan jika dialamatkan kepada Ayu Ting Ting. Jika memang ada kemiripan, pihak arranger atau pencipta lagu lah yang bertanggung jawab.

Menilik kasus dugaan plagiarisme sebenarnya cukup banyak ditemui di karya-karya musik, termasuk dangdut. Namun persona Ayu Ting Ting yang kuat sebagai bintang di social media membuatnya banyak disorot netizen.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading