Sukses

Entertainment

Film 90-an Cut Mini, Bidadari yang Jadi Guru Laskar Pelangi

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jalan untuk meraih kesuksesan dan ketenaran. Begitu juga dengan yang dijalani oleh Cut Mini. Nama wanita yang biasa disapa Mini ini sudah mulai dikenal di dunia hiburan sejak era 90-an. Pemilik nama lengkap Cut Mini Theo ini mengawali karirnya dari dunia model. Mini mengikuti jejak kakaknya, Cut Rizki Theo, yang lebih dulu menekuni dunia hiburan.

Rizku sendiri kemudian menikah dengan Andre Hehanusa. Wanita kelahiran Jakarta, 30 Desember 1973 ini mulai menarik perhatian saat jadi model klip lagu Bidadari yang dilantunkan Andre Hehanusa di tahun 1995. Wajah cantiknya membuat Mini laris mendapat tawaran di dunia entertainment.  Meski begitu setelah sempat menjadi pembawa acara, Cut Mini justru lebih dulu mengembangkan karir di Malaysia.

Selama beberapa bulan, Mini dikontrak sebuah rumah produksi di Malaysia  untuk berperan di beberapa sinetron yang dibintangi 7 pemain dari 7 negara. Setelah kembali ke Indonesia, Cut Mini justru lekat dengan imej komedi. Itu karena ia sempat dekat dengan P Project yang dimotori Denny Chandra cs. Kedekatannya dengan P Project memberi jalan bagi Cut Mini yang akhirnya ditawari oleh sebuah stasiun televisi membuat acara komedi bertajuk "Sang Prabu".

Dalam acara tersebut Cut Mini mendapat peran sebagai orang Melayu.  Anak bungsu dari 7 bersaudara ini juga sempat tampil di sejumlah program komedi Ba-So (Bagito Show). Cut Mini juga pernah menjadi presenter dan tampil di beberapa program televisi.  Ia juga bermain di sejumlah sinetron, seperti “Kejarlah Daku Kau Kutangkap”, “Gara-Gara Inul”, “Kiri Istri Kanan Mertua”, “Olga”, “Permata Hati”, “Nongkrong di Warung Kopi” dan “3 Semprul Mengejar Surga”.

Pemenang FFI 2016 (Adrian Putra/Bintang.com)

Saat perfilman Indonesia mulai bangkit kembali, Cut Mini mulai merambah laya lebar. Mini bermain Film pertama yang dibintangi lulusan Sastra Jepang ini adalah Arisan! di tahun 2003. Film tersebut sukses, mendapat banyak pujian dan melambungkan pamor para pemainnya seperti Tora Sudiro, Aida Nurmala, Rachel Maryam dan Cut Mini.

Tak hanya di genre komedi, Cut Mini juga mampu tampil serius dan menunjukkan kekuatan aktingnya. Salah satunya lewat perannya sebagai ibu guru Muslimah di fim Laskar Pelangi (2008) yang diangkat dari novel laris berjudul sama karya Andrea Hirata.  Film Laskar Pelangi juga meraih sukses dan bahkan sempat menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa sebelum ditumbangkan oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 di tahun 2016.  

Eksklusif Cut Mini. (Wardrobe by @tarabinitagia, Styled by Indah Wulansari, Make up by @irasumardi, Photographer by Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Cut Mini mendapat beragam penghargaan dan nominasi di sejumlah festival film. Istri dari Mago ini juga pernah bermain di Kawin Kontrak Lagi, Kembang Perawan, Arisan! 2, Juara, Koala Kumal, Ini Kisah Tiga Dara, Me vs Mami, Athirah dan Sweet 20. Film Athirah jadi unjuk kekuatan akting Cut Mini. Berkat perannya di film yang disutradarai Riri Riza itu, Mini berhasil meraih Piala Citra untuk pertama kalinya.

Ia meraih piala di kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2016. Setelah ini sudah ada beberapa proyek film yang akan dibintangi Cut Mini. Berawal dari model video klip Bidadari di era 90-an, pamor dan kualitas Cut Mini di dunia akting semakin menjulang dan matang.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading