4 Fakta Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI yang Terlupakan

Puput Puji Lestari19 Sep 2017, 17:42 WIB
[Bintang] film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI

Bintang.com, Jakarta Isu tentang pemutaran film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI membuat pro dan kontra di masyarakat. Film ini menjdi fenomenal karena menjadi media propaganda pemerintah orde baru. Setiap tahun film ini diputar dan siswa sekolah diwajibkan menonton.

Terlepas dari isu politik, film ini merupakan karya seni yang dikerjakan dengan serius. Nama-mana besar di perfilman Indonesia bergabung dalam produksi film ini. Bahkan film ini juga mendapat penghargaan.

Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI dibuat berdasarkan pada versi peristiwa kudeta yang diakui oleh pemerintah Orde Baru Soeharto, di mana kudeta Gerakan 30 September didalangi oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI. Berikut 4 Fakta tentang film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI yang sering dilupakan.

 

Ada fakta lain dari film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI yang mungkin tidak penting tapi menarik. Ternyata Rano Karno pernah ingin ikut bermain di film ini. Tapi Rano Karno mengingat bahwa ia ditolak saat casting untuk peran Pierre Tendean karena Tendean tidak memiliki tahi lalat di wajahnya.