PPFI dan Komite Seleksi Pilih Film Turah untuk Oscar 2018

Syaiful Bahri22 Sep 2017, 01:30 WIB
Film Turah

Bintang.com, Jakarta Gelaran apresiasi insan film dunia Oscar akan dihelat 2018 mendatang. Penyelenggara Academy Awards atau Oscars yakni Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) kembali memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk melakukan seleksi film Indonesia guna diikutsertakan ke ajang Oscars di kategori Foreign Language Film Award.

Melihat hal ini, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) membentuk Komite Seleksi untuk mencari film Indonesia yang akan dikirimkan ke Oscars 2018 mendatang.

 

Komite Seleksi dibentuk dengan diisi 13 orang, dipimpin oleh Christine Hakim dan anggota lainnya seperti Alim Sudio, Benni Setiawan, Fauzan Zidny, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Reza Rahadian dan lainnya.

"Kita bukan membuat penilaian seperti penjurian festival. Tidak menilai baik dan buruk, ini harus memenuhi standar masuk Oscars. Kami hanya bisa membuat analisa dari hasil yang menang dari foreign film ini," kata Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi dalam jumpa persnya di XXI Plaza Indonesia, Selasa (19/9/2017).

Lebih lanjut, kata Christine Hakim, lebih dari 100 film masuk kategori seleksi untuk diikutsertakan ke Oscar 2018. Namun dari sekian banyak film yang masuk, akhirnya dipilih satu film yang akan ikut serta di Oscars.

 

"Banyak, ada 130 film. Kira-kira kami 13 orang ini berembug, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang baik ke depannya. Kami berusaha terus meningkatkan film Indonesia. Dan terpilih satu film yang akan diikutsertakan ke Oscar nanti," tegas Christine Hakim.

"Satu film yang terpilih dan akan ikut serta di Oscar 2018 adalah film Turah garapan sutradara Wicaksono Wisnu Legowo dan ptoduser Ifa Isfansyah yang diproduksi PT Empat Warna Media yakni film berjudul Turah. Ini kami pilih kategori bahasa asing yang kami seleksi masuk ke Oscars," tandas Christine Hakim.