Sukses

Entertainment

Film 90-an, Bibi Lung dan Yoko Melegenda di Pendekar Rajawali

Fimela.com, Jakarta Bagi generasi 90-an, serial Pendekar Rajawali rasanya pernah jadi favorit mereka. Setidaknya lagu soundtrack dari serial yang aslinya berjudul The Legend of the Condor Heroes ini pernah ngetop.

Karakter Bibi Lung dan Yoko diingat banyak penggemarnya dan cukup melegenda. Bahkan banyak yang mengira atau menyebut serial tersebut sebagai drama Yoko atau serial Bibi Lung.

Tak hanya di Indonesia, serial The Legend of the Condor Heroes juga sukses di banyak negara. Serial produksi TVB Hong Kong ini sebenarnya sudah diproduksi sejak era 70-an. Serial ini pertama kali diproduksi oleh CTV Hong Kong pada 1976 yang diadaptasi dari novel sukses di era 50-an dan juga sukses dalam versi layar lebar.

Setelah serialnya cukup berhasil di tahyn 1976, TVB Hong Kong membeli hak siarnya dan kemudian membuat serial berjudul sama di tahun 1983 yang dibintangi Felix Wong dan Barbara Yung. Keberhasilan serial tersebut membuat pamor para pemainnya melejit. Tapi ternyata kelanjutannya, Return of the Condor Heroes yang tayang di tahun yang sama lebih booming lagi.

Andy Lau. (Bintang/EPA)

Yang jadi tokoh utamanya adalah Andy Lau sebagai Yeung Ko (Yoko) dan Idy Chan sebagai Siu Lung Nui (Bibi Lung). Serial ini melejitkan nama Andy Lau yang kemudian menjadi superstar dunia terutama di dunia film.

Di Indonesia, serial ini sebenarnya sudah banyak ditonton di era 80-an tapi hanya bisa ditonton melalui kaset video yang sekarang sudah langka. Waktu itu memang banyak serial produksi Hong Kong yang diminati di Indonesia yang dijual dalam bentuk kaset video. Setelah televisi swasta bermunculan di era 90-an, Legend of the Condor Heroes diputar di televisi yaitu di Indosiar.

Film 90-an, Bibi Lung dan Yoko Melegenda di Pendekar Rajawali

Seperti serial dari negara lain, Legend of the Condor Heroes di dubbing ke dalam bahasa Indonesia, begitu juga dengan judul lagu soundtracknya. Hasilnya, serial yang diberi judul Pendekar Rajawali itu ‘meledak’ dan sukses besar.

Kisah cinta Bibi Lung dan Yoko begitu melegenda dan disukai banyak orang. Apalagi saat itu nama Andy Lau sudah cukup dikenal sejajar dengan Jackie Chan, Chow Yun Fat dan Jet Li. Drama percintaan dengan bumbu adegan laga ini menceritakan kisah cinta beda usia. Kisah percintaan antara Bibi lung yang usianya jauh lebih tua dibanding dengan Yoko ini cukup menguras emosi dan air mata pemirsa.

Itu karena Bibi lung yang punya banyak musuh rela pergi meninggalkan Yoko agar tak melukai Yoko. Hal itu membuat sosok Bibi Lung sebagai tokoh utama perempuan begitu menyita perhatian penonton. Ditambah lagi lagu soundtrack yang dilantunkan Yuni Shara yang syahdu membuat pemirsa makin mengharu-biru menyaksikan Pendekar Rajawali.

Di negara asalnya, The Legend of the Condor Heroes juga banyak disukai dan sudah berulangkali diadaptasi atau dibuatkan remake nya. Serial ini ternyata sudah sepuluh kali diproduksi. Terakhir, serial ini diproduksi kembali oleh Dragon TV di Cina dan dibintangi oleh Yang Xuwen, LI Yitong dan Chen Xingxu.

"Prosesnya, aku ditawarin, ini liriknya, besoknya rekaman, enggak sampai seminggu. Lagu berjudul Selamanya Aku Milikmu ini yang bikin bukan saya,” ucap Yuni. (Adrian Putra/Bintang.com)

Serial sepanjang 52 episode ini sudah tayang di Cina pada Januari lalu dan menyusul di Hong Kong pada Mei lalu. The Legend of the Condor Heroes 2017 juga tayang di sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura dan Australia, bahkan kabarnya juga akan tayang di Indonesia. Namun kabar ini belum bisa dipastikan kebenarannya.

Yang jelas, serial The Legend of the Condor Heroes atau Pendekar Rajawali di era 90-an rasanya akan sulit ditandingi kesuksesannya. Kisah cinta Bibi Lung dan Yoko yang diperankan Andy Lau dan Idy Chan akan terus dikenang para penggemarnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading