Sukses

Entertainment

Editor Says: 7 Fakta Pernikahan Ustaz Arifin Ilham dengan 3 Istri

Fimela.com, Jakarta Sementara banyak orang berpikir negatif dan berkomentar miring tentang poligami, Arifin Ilham justru menunjukkan hal sebaliknya. Dia memperlihatkan betapa akur dan bahagia rumah tangga yang dijalaninya bersama beberapa istri.

Sebagaimana diketahui, sebulan lalu sang ustaz memang baru saja melangsungkan untuk ketiga kalinya. Adapun jodohnya kali ini adalah seorang janda berdarah Sunda yang saat dinikahi telah memiliki dua orang anak.

Berbagai pendapat pun muncul terkait aksi poligami yang dilakukannya. Namun terlepas dari jumlah istri yang kini dimiliki Ustaz Arifin Ilham, banyak fakta menarik yang terkuak soal rumah tangganya.

Beberapa di antara fakta unik tersebut antara lain adalah rahasia kerukukunan rumah tangga sang ustaz dengan tiga orang istri. Hal ini tentunya bukan pemandangan yang bisa disaksikan setiap hari dalam sebuah keluarga poligami.

Sekitar tahun 2010 kabar mengejutkan lantaran Arifin Ilham dikabarkan poligami. Yuni Juga terlihat dekat dengan istri kedua suaminya. Rania Bawazier atau biasa disebut Umi Nia (Putri Yaman). Belum lama ini kembali diumumkan istri ketiganya Umi Akhtar.

Apa saja fakta unik dalam pernikahan poligami Ustaz Arifin Ilham. Bagaimana pula pertemuan, cerita, dan hubungan mereka satu sama lain? Berikut beberapa di antaranya!

Hubungan yang Sangat Akur

Sementara banyak orang menganggap poligami adalah hubugan yang tidak fair bagi wanita, keluarga ini justru menunjukkan pemandangan sebaliknya. Sejak awal, Arifin Ilham dan istri-istrinya kerap mengunggah momen bersama dan penuh tawa. Hal ini juga berlaku ketika pernikahan ketiga telah dilaksanakan. Tak hanya mengunggah momen saat berkumpul dan tertawa, ustaz dan istri-istrinya juga menunjukkan bagaimana aktivitas kerohanian yang mereka lakukan bersama.

Tinggal Satu Atap

Kedua istri Arifin Ilham ini begitu kompak. Keharmonisan Arifin Ilham dengan dua istri ini juga menuai pujian. Yuni juga terlihat dekat dengan istri keduanya. Bahkan, Yuni juga minta agar tinggal satu atap. (Instagram/kh_m_arifin_ilham)

Dalam poligami, ujian terberat mungkin dirasakan oleh istri pertama. Hal itulah yang mungkin juga dirasakan oleh istri pertama Arifin Ilham, Umi Yuni. Di mata netizen, dia adalah sosok yang luar biasa, karena mampu menerima keputusan untuk berpoligami, setelah bertahun-tahun mendampingi perjuangan suaminya. Bukan hanya keikhlasan menjalani poligami saja yang membuat wanita yang satu ini menuai pujian dari netizen. Banyak orang yang salut karena dia juga yang sempat meminta tinggal seatap dengan istri yang lain.

 

Berasal dari Ras Berbeda

Perempuan hebat itu merupakan anak mantan Anggota DPR asal Aceh, Teuku Djamaris. Tepat 28 April 1998 resmi menikah di Masjid Baiturrahman di Kompleks DPR Kalibata, Jakarta Selatan. (Instagram/yuni_syahla_aceh)

Arifin Ilham sendiri rupanya juga punya perhitungan sendiri saat memilih seorang istri. Pria kelahiran Banjarmasin ini memilih istri dari berbagai ras dan suku yang berbeda. Sebagaimana diketahui, istri pertama, Umi Yuni adalah wanita berdarah Aceh. Yang paling jauh adalah istri kedua, Umi Nia, yang merupakan Putri Yaman. Terakhir, dia menikahi wanita berdarah Sunda.

 

Pertemuan dengan Tiga Istri

Ustaz Arifin Ilham dan ketiga istrinya. (Sumber: Facebook)

Sebagaimana diungkapkan oleh Arifin Ilham, pertemuan dengan istri pertama berawal dari sebuah mimpi. Sang ustaz juga sempat melakukan salat Istikharah dan meminta izin pada kedua orang tua. Hingga pada akhirnya, dia dan Yuni menikah pada tahun 1998. Sama seperti istri pertama, pernikahan dengan istri kedua juga berawal dari mimpi. Namun saat ini Arifin Ilham belum membeberkan apakah pernikahan ketiganya juga berawal dari mimpi.

Cerita Pernikahan Ketiga

Menjaga perasaan istri rupanya menjadi salah satu rahasia Arifin Ilham sukses menjalani poligami. Sebagaimana pernah dia ungkapkan dalam sebuah pengajian yang digelar 3 Oktober 2017. Tidak asal menikah lagi, pernikahan ini pun telah dia bicarakan lebih dulu dengan istri sebelumnya.

“Maka ketika menikah, dua istri yang menjemput. Istri pertama dan istri kedua menjemput istri ketiga, lalu mengantarkan, lalu menyaksikan prosesi nikah,” beber Arifin Ilham. Informasi yang beredar, pernikahan ketiga ini berlangsung tak lama sebelum perayaan Idul Adha beberapa waktu lalu.

Rencana Menikah Lagi

Ustaz Arifin Ilham (sebelah kiri)

Jangan kaget karena walaupun sudah memiliki tiga istri, ada kemungkinan Arifin Ilham masih akan menikah lagi. Sebagaimana diketahui, dalam ajaran Islam seorang pria diperbolehkan menikah maksimal dengan empat orang istri. Jika pun nanti akan ada pernikahan, sebagaimana pernah dia ungkapkan pada salah satu media, dia ingin mengambil istri dari Jawa.

Kunci Kesuksesan Rumah Tangga

Membangun keluarga yang bahagia seperti ustaz Arifin Ilham memang bukan hal mudah bagi sebagian besar orang. Dalam pemikirannya, jumlah istri bukan jaminan kebahagiaan dalam rumah tangga. Banyak rumah tangga yang hancur walau menganut sistem monogami. Namun ada beberapa poin penting dalam rumah tangga, yang menurut Arifin Ilham harus dipegang untuk menjaga pernikahan.

Belum lama ini, melalui postingan di media sosialnya Ustaz Arifin Ilham mengenalkan istri barunya. Janda asal Sunda memiliki dua orang anak, berusia 37 tahun yang kini menjadi istri barunya. (Instagram/kh_m_arifin_ilham)

Adapun prinsip-prinsip  yang harus dilakukan sebagaimana dipaparkan Arifin Ilham antara lain adalah: Memagari benteng rumah tangga dengan sungguh-sungguh berpegang teguh pada Al-Qur'an dan Assunnah; Tujuan utamanya ridho Allah dan kebahagiaan akhirat; Saling cinta benar-benar karena Allah sehingga memandang kekurangan pasanganpun adalah keistimewaannya, semakin lama pernikahan semakin sayang, manja dan mesra; Ide dan aktivitasnya bekerja untuk saling melayani, melindungi dan menyenangkan keluarganya; Makan dari rizky yang halal, dan halal (adalah) pintu sakinah; Kekuatannya saling mendoakan di penghujung malam; Minimal sepekan sekali "tarbiyyah ahliyah" pembinaan keluarga dengan duduk bersama mengaji dan mengkaji Al-Qur'an dan Assunnah; Segera minta maaf tatkala melakukan kesalahan; Mensyukuri ni'mat Allah dengan senang berbagi sedekah; Tawakkal yang penuh bahwa hanya Allah segala-galanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading