Sukses

Entertainment

Lika-liku 10 Tahun Perjalanan Karier SNSD

Fimela.com, Jakarta Popularitas yang SNSD raih selama 10 tahun bersama memang telah tersohor hingga ke kancah Internasional. Skill vokal dan aksi panggung mereka menjadi daya tarik tersendiri untuk fans setia atau biasa disapa Sone.

Berkarier hingga 1 dekade tentu bukan perkara mudah bagi girlband pelantun Lion Heart ini. Berbagai pasang surut perjalanan bermusik telah mereka lewati sampai mampu berada di titik kesuksesan.

Berada di puncak kejayaan adalah satu pencapaian yang berhasil SNSD raih. Tetapi, Taeyeon dkk juga pernah berhadapan dengan prahara yang menggoyahkan pertahanan mereka selama ini.

Lantas, seperti apa lika-liku perjalanan karier yang telah SNSD lalui selama 10 tahun berkarier di industri musik? Yuk simak bersama rangkuman selengkapnya seperti berikut ini.

1. Debut K-Pop

SNSD (AFP/LAURENT FIEVET)

Girls Generation atau SNSD mengawali debut pada 5 Agustus 2007 lalu. Kala itu, mereka tampil dalam sederet program musik seperti Inkigayo, Music Core, dan Music Bank dengan membawakan single pertama yang bertajuk Into the New World.

Kala itu, SNSD masih dalam formasi lengkap yakni 9 member. Mereka adalah Tiffany, Taeyeon, Yuri, Jessica, Sunny, Yuri, Hyoyeon, Sooyoung, dan Seohyun.

2. Formasi Baru

Jessica Jung (AFP/Anthony Wallace)

Sejak debut, SNSD telah memperkenalkan sederet album, mini album, album kompilasi, MV, hingga single. Namun pada tahun 2014, badai melanda keutuhan SNSD yang kala itu telah genap berusia 7 tahun.

Salah satu member, Jessica Jung mengumumkan dirinya dikeluarkan dari SNSD pada 29 September 2014. Mengenai hal tersebut, SM Entertainment selaku agnesi membenarkan bahwa Jessica tidak lagi bergabung dengan SNSD karena bentrok jadwal grup dan bisnisnya. Kemudian, SNSD melanjutkan karier dengan formasi baru yaitu bersama 8 member.

3. Diterpa Isu Bubar

SNSD (Twitter/GirlsGeneration)

SNSD sempat diterpa isu bubar setelah mereka absen album dalam rentang waktu 2015 hingga 2017. Kala itu, masing-masing member memang disibukan dengan kegiatan individual. Mulai dari solo karier hingga akting.

Namun, Taeyeon dkk mematahkan isu tersebut dengan comeback dan merilis karya baru. Adalah mini album tertajuk Holiday Night serta double single All Night dan Holiday pada 4 Agustus 2017 yang dirilis secara online. Comeback ini terasa istimewa karena juga sebagai persembahan mereka di usia ke-10 tahun.

4. 3 Member Keluar Agensi

Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung SNSD (Twitter/GirlsGeneration)

Prahara kembali menerpa SNSD setelah dua bulan comeback. 3 member SNSD dikabarkan keluar dari agensi. Seperti diwartakan Soompi, mereka adalah Sooyoung, Tiffany, dan Seohyun yang disebut tidak memperpanjang kontrak dengan SM Entertainment.

"3 member memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka. Girls Generation akan tetap sebagai sebuah tim, tapi dalam kasus mereka akan sulit berada di agensi yang berbeda, partisipasi mereka secara realistis akan menjadi sulit. Namun, para member masih berdiskusi tentang keputusan yang akan dibuat," jelas sumber kepada Yonhap News seperti dilansir dari Soompi.

5. Agensi Buka Suara

SNSD (Instagram/hotsootuff)

Agensi yang menaungi SNSD, SM Entertainment belum memberikan tanggapan lebih lanjut terkait isu bubar. Mereka hanya menyatakan bagaimana SNSD merupakan grup yang begitu bermakna bagi agensi dan Sone.

"Girls Generation adalah grup yang sangat berharga dan bermakna bagi SM dan fans mereka. Para member juga sama sekali tidak berpikir tentang bubar. Sederhananya, karena ada member yang kontraknya telah berakhir, keputusan yang hati-hati akan diambil setelah berdiskusi dengan member tentang kegiatan Girls Generation di masa mendatang," jelas SM Entertainment, seperti ditulis Soompi.

Masih belum ada kepastian terkait isu bubar yang menerpa SNSD setelah kabar 3 member akan hengkang dari SM Entertainment. Kita nantikan bersama kelanjutnnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading