Sukses

Entertainment

7 Musisi Indonesia yang Juga Andal Sebagai Produser

Fimela.com, Jakarta Berkutat di dunia entertainment menuntut orang untuk tidak hanya kreatif, tapi juga luwes. Begitu pula di industri musik yang terus mengalami perubahan dari selera maupun para pelakunya sendiri.

Indonesia memiliki banyak musisi top yang tidak diragukan lagi musikalitasnya. Untuk menyalurkan pemikiran dan ide-ide kreatif, beberapa dari mereka juga mencoba terjun sebagai produser.

Menjadi produser musik tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Berbagai macam proses seperti recording, mixing mastering, menyeleksi track dan membuat konsep menjadi tanggung jawabnya.

Namun para musisi keren ini ternyata cukup lihai menjalankan peran sebagai orang di balik layar. Meski tak selalu berjalan mulus, kiprah mereka sebagai produser patut diapresiasi.

Berikut para musisi ternama yang juga berperan sebagai produser musik di Indonesia.

1. Lale Ilman Nino

Project yang satu ini cukup menyita perhatian para penikmat musik, terutama di kalangan muda. Lale dan Ilman dari Maliq and D'Essentials berkolaborasi dengan Nino RAN sebagai produser. 

Beberapa karya mereka terbukti cukup ngehits belakangan ini, sebut saja beberapa lagu solo Armand Maulana, beberapa track di album HiVi termasuk Pelangi, Vidi Aldiano dan beberapa lainnya.

2. Dewiq dan Pay

Selain kompak soal rumah tangga, Dewiq dan Pay juga dikenal piawai meracik lagu untuk para penyanyi dan band. Dewiq pernah dikenal sebagai penyanyi, tapi kini lebih fokus di balik layar.

Dewiq bisa disebut sebagai hitsmaker dengan lagu-lagu seperti 50 Tahun Lagi dari Warna sampai Cinta Di Ujung Jalan yang dibawakan Agnes Monica.

3. Kevin Aprilio

Mewarisi bakat orangtua yang meraih sukses di musik, Kevin Aprilio memiliki sejumlah project dalam bermusik. Selain membentuk Vierratale, ia juga menggarap beberapa grup seperti girlband Princess dan Kevin and The Red Rose.

 

A post shared by Kevin Aprilio (@kevinaprilio) on

4. Eross Candra

Dikenal sebagai salah satu gitaris terbaik di Indonesia, Eross Candra tak cepat berpuas diri. Selain sibuk manggung dan berkarya bareng Sheila On 7, Eross juga menggarap project musik lainnya.

Salah satunya ia menjadi produser dan mentor grup The Finest Tree asal Yogyakarta, yang saat ini cukup populer di kalangan remaja. Campur tangan Eross membuat musik The Finest Tree sedikit terasa So7 bagi sebagian orang.

The Finest Tree (Febio Hernanto/Bintang.com)

5. Ahmad Dhani

Kurang lengkap rasanya jika tak menyebut musisi jenius yang satu ini. Ahmad Dhani merupakan pentolan band Dewa 19 sekaligus boss Republik Cinta Management.

Sejumlah artis polesannya yang sempat ngehits antara lain The Virgin, Dewi Dewi dan TRIAD.

6. Posan Tobing

Posan menjadi saksi sukses awal karier Kotak. Sejak menjuarai kompetisi band di salah satu televisi, grup ini sempat meroket dengan karakter rocknya.

Setelah ganti vokalis, Posan akhirnya keluar dan membentuk beberapa project musik. Saat ini ia menjadi produser bagi band WINNER, Duo Jingga dan Dara The Virgin.

The WINNER (Bambang E Ros/Bintang.com)

7. Maia Estianty

Bakat musik Maia Estianty mulai terkuak saat duo Ratu muncul ke permukaan. Saat itu ia menangani grup tersebut bersama Ahmad Dhani. 

Namun setelah berpisah, Maia membentuk label sendiri dengan artis-artis ternama yang bekerjasama dengannya. Beberapa di antaranya adalah Rina Nose, Pasto dan Sarwendah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading