Sukses

Entertainment

Film 90-an, Ben Affleck, Antara Film Indie, Oscar, dan Batman

Fimela.com, Jakarta Film Justice League sedang menjadi box office banyak negara. Salah seorang pemerannya adalah Ben Affleck yang berperan sebagai Batman. Nama Ben mulai terangkat di pertengahan era 90-an. Pemilik nama lengkap Benjamin Geza Affleck-Boldt ini lahir pada 5 Agustus 1972.

Ben sempat tampil sekilas di film The Dark End of the Street di tahun 1981. Setelah itu ia bermain di sejumlah serial televisi seperti The Voyage of Mimi dan ABC Afterschool Special. Ben Affleck baru bermain film lagi di tahun 1992 lewat School Ties dan Buffy the Vampire Slayer. Ia juga sempat menyutradarai film pendek I Killed My Lesbian Wife... di tahun 1993.

Matt Damon dan Ben Affleck

Nama Ben Affleck mulai dikenal setelah bermain di sejumlah film indie bergenre komedi seperti Dazed and Confused, Chasing Amy, Mallrats dan Dogma. Pamor Ben melambung tinggi setelah berkolaborasi dengan teman masa kecilnya, Matt Damon. Mereka membuat skenario sekaligus membintangi film Good Will Hunting (1997).

Tanpa disangka, film drama-psikologi yang disutradarai Gus Van Sant itu sukses dan meraih banyak penghargaan. Good Will Hunting meraih dua piala di ajang Oscar 1998 untuk Aktor Pendukung Terbaik (Robin Williams) dan Best Original Screenplay yang diraih Ben Affleck bersama Matt Damon.

Keberhasilan Good Will Hunting membuat Affleck dan Damon jadi superstar baru di Hollywood. Ben Affleck pun mulai jadi pemeran utama di sejumlah film studio besar, seperti Shakespeare in Love, Armageddon, Force of Nature, Pearl Harbor da n Changing Lanes.

Pamor Ben sempat menurun menyusul kegagalan film Daredevil dan Gigli. Untungnya tak perlu waktu lama bagi mantan suami Jennifer Garner ini untuk bangkit kembali. Akting cemerlang Ben Affleck di Hollywoodland, membuat pamonya menanjak lagi.

Ben Affleck Cemerlang di Belakang Layar

Ben kemudian mengawali debutnya sebagai sutradara di film Gone Baby Gone (2007) yang mendapat sambutan bagus. Hal itu kembali dilakukannya di film Argo (2012) yang jadi karya terbaiknya sebagai sutradara sanpai saat ini.

Di film tersebut, Ben menjadi sutradara, produser sekaligus pemain utama. Argo berhasil meraih tiga piala di ajang Oscar 2013, termasuk d kategori Film Terbaik. Oscar kedua yang diraih Affleck semakin mengukuhkan nama besarnya di Hollywood.

Momen kebahagiaan Jennifer Garner dan Ben Affleck yang sempat terekam kamera saat menghadiri ajang penghargaan Oscar.

Meski begitu saat didapuk sebagai pemeran Bruce Wayne/Batman di Batman v Superman: Dawn of Justice, banyak yang meragukan kemampuannya dan dibanding-bandingkan dengan Christian Bale. Namun Ben mampu membuktikan kalo anggapan itu tidak tepat dan aktingnya di film superhero DC tersebut mendapat banyak pujian.

Mantan suami Jennifer Garner ini bahkan ditawarkan bermain di film solo terbaru Batman sekaligus menjadi sutradara. Belakangan Ben Affleck mundur dari posisi sutradara yang beralih ke Matt Reeves. Ben sendiri masih tetap berperan sebagai Batman dan merangkap sebagai salah seorang penulis cerita dan produser.

Ben Affleck belakangan ini mengungkapkan alasannya menerima peran sang manusia kelelawar dalam Batman V. Superman: Dawn of Justice.

Selain itu masih ada sejumlah proyek yang akan dikerjakan oleh Ben Affleck. Mulai dikenal luas di era 90-an terutama lewat film-film indie, Ben Affleck masih mampu bertahan dan bahkan sudah mengembangkan sayap dengan berkiprah di belakang layar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading