Sukses

Entertainment

Kaleidoskop Bintang 2017: 8 Film Indonesia Paling Heboh

Fimela.com, Jakarta Film Indonesia memasuki masa gemilang kembali. 8 film paling laris tahun 2017 mendapat penonton diatas 1 juta. Sementara tahun lalu hanya 7 film yang memiliki penonton diatas 1 juta.

Kejutan lainnya, film laris tahun ini didominasi oleh film horor. 5 dari 8 judul film yang masuk box office Indonesia adalah film horor. Ini bisa membalikkan stigma negatif dari film horor.

Ayat-Ayat Cinta 2

Selama bertahun-tahun film horor dianggap sebagai momok bagi perfilman Indoneia. Munculnya film horor seksi membuat penonton ogah nonton film Indonesia. Keinginan Joko Anwar untuk mengembalikan 'kehormatan' film horor Indonesia tercapai lewat film Pengabdi Setan.

"Saya sebagai pecinta genre horor merasa harus bisa mengangkat harkat dan martabat genre horor menjadi genre yang terhormat lagi. Karena selama ini orang menganggap horor itu genre kelas dua. Saya ingin membuat genre horor jadi genre yang terhormat lagi dengan dikerjakan secara serius," ujar Joko saat bertandang ke Bintang.com beberapa waktu lalu.

Kesuksesan film horor tahun ini menurut Joko Anwar karena penggarapannya serius. "Film horor adalah genre film yang sangat jujur menurut saya karena film horor hanya dibuat untuk memberikan pengalaman sinematik kepada penonton. Film horor nggak ada pretensi untuk berceramah memberi pesan moral, betul-betul film dibuat untuk memberikan pengalaman sinematik pada penonton," ujarnya. Berikut 8 film Indonesia paling heboh tahun 2017 versi Bintang.com:

 

 

 

 

1. Pengabdi Setan

Joko Anwar sukses menggebrak industri film horor Indonesia lewat film Pengabdi Setan sebagai film paling laris tahun ini dengan perolehan 4.206.103 penonton. Sepanjang pemutaran film ini di bioskop, netizen juga heboh membuat meme karakter ibu dalam Pengabdi Setan.

Pengabdi Setan juga masuk dalam 13 kategori Festival Film Indonesia 2017. Dan memenangkan 7 kategori. Bonusnya, film Pengambdi Setan juga menuai sukses saat diputar di Malaysia. Ini menjadi pelengkap kesuksesan Joko Anwar di film Pengabdi Setan.

 

2. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2

Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 sukses menjadi film terlaris sepanjang masa dengan raihan 6,7 juta penonton pada tahun 2016. Kesuksesan itu disusul kembali dengan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 yang memperoleh 4.083.190 penonton pada tahun 2017.

Proses promosi memang sempat terganggu dengan kasus yang menimpa Tora Sudiro. Tapi untungnya hal itu tak berlangsung lama. Tora bisa kembali ikut melakukan promosi sambil menjalani pengobatan. Ini menunjukkan kuatnya warkop DKI sebagai brand grup komedi di Indonesia.

 

3. Danur: I Can See Ghosts

Sebelum dirilisnya Pengabdi Setan, Danur: I Can See Ghosts menduduki peringkat pertama film horor terlaris sepanjang masa dengan perolehan 2.736.157. Diangkat novel laris, Danur memiliki penggemarnya sendiri.

"Adalah obsesi saya untuk terus berupaya dan membuktikan bahwa film karya anak negri ini mampu bersaing dengan film-film impor non Indonesia. Bahwa film kita layak diberi tempat dan didukung penuh oleh seluruh masyarakat Indonesia," ungkap produser Manoj Punjabi beberapa waktu lalu.

 

 

4. Jailangkung

Masih film horor, kali ini remake film Jaelangkung dengan duet sutradara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani mengulang sukses di film Jailangkung dengan perolehan 2.550.271 penonton pada tahun 2017. Film ini tayang saat libur sekolah sehingga sangat tepat membidik sasaran penonton remaja.

“Ini pencapaian yang membanggakan karena merupakan hasil kerjasama dan sinergi yang baik. Ini hasil kerja keras semua yang terlibat di film Jailangkung, mulai dari kru, pemain sampai produser,” ucap Jose Poernomo.

 

 

 

5. Surga Yang Tak Dirindukan 2

Kesuksesan Surga yang Tak Dirindukan dilanjutkan dengan sekuelnya yaitu Surga yang Tak Dirindukan 2. Laudya Cynthia Bella kembali membintangi film yang dirilis pada Februari 2017 ini bersama Fedi Nuril, Raline Shah dan Reza Rahadian.

Tema poligami nampaknya masih menjadi idola penonton ibu muda di bioskop. Surga yang Tak Dirindukan 2 mengisahkan pergulatan hati Meirose (Raline Shah) menjadi ragu dengan pilihan hidupnya selama ini, setelah bertemu dengan Arini (Laudya Cynthia Bella). Arini tulus menyayangi anak Meirose, Akbar dan berharap agar Meirose kembali pada Pras (Fedi Nuril).

Ditambah ketika Pras muncul, Meirose tidak dapat mengelak bahwa dirinya masi mencintai pria tersebut. Meirose pun bingung untuk melangkah mengambil keputusan. Di tengah kebimbangan itu, muncul pula kehadiran dokter Syarief (Reza Rahadian). Kisah ini membuai 1.637.472 penonton.

 

6. Mata Batin

Kembali film horor menduduko posisi terlaris tahun ini. Mata Batin merupakan ide segar Hitmaker Studios. Film yang dibintangi Jessica Mila ini meraih 1.227.214 penonton.

Selain Jessica Mila, film Mata Batin 'Believing is Seeing' juga diperankan oleh Denny Sumargo, Citra Prima, Bianca Hello, dan Epi Kusnandar. Film horor ini disutradarai dan diproduseri Rocky Soraya.

 

 

7. The Doll 2

Film box office kedua yang diproduseri Hitmaker Studios tahun ini adalah The Doll 2. Film ini membukukan 1.226.864 penonton tahun 2017. Film horor berkualitas di tahun ini semakin banyak disukai penonton.

The Doll 2 yang dibintangi Luna Maya dan Herjunot Ali. Sejak dirilis pada 20 Juli lalu, film ini memang sudah mendapat sambutan bagus. The Doll 2 menurut Luna Maya memiliki cerita yang berbeda dari yang pertama. Namun, untuk kualitas cerita dan sisi filmografi, sekuel kedua ini tak kalah dari yang pertama.

 

8. Ayat-Ayat Cinta 2

Datang di penghujung 2017, Ayat-Ayat Cinta 2 langsung tampil gemilang. Seminggu tayang film ini sudah membukukan 1.224.703 penonton. Kemungkinan besar pertambahan jumlah penonton masih signifikan karena libur akhir tahun memberikan potensi bertambahnya penonton.

Ada banyak alasan kenapa Ayat Ayat Cinta 2 termasuk film paling ditunggu di tahun ini dan berpotensi meraih banyak penonton. Salah satunya adalah keberhasilan film pertamanya, Ayat Ayat Cinta di tahun 2008 yang sempat jadi film Indonesia terlaris saat itu.

Film drama religi itu berhasil meraih 3,6 juta penonton dan memunculkan tren genre serupa di perfilman Tanah Air. Setelah sukses menarik perhatian penonton pada 2008 lalu, Ayat-Ayat Cinta 2 dirilis dengan promosi besar-besaran dari MD Pictures akhir tahun 2017 ini. Tak heran jika dalam waktu singkat film ini sudah masuk jajaran film laris Indonesia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading